Kostum Terinspirasi Iron Man yang Bisa Terbang Dijual Seharga Rp 6 Miliar di Inggris

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 22 Jul 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 22 Jul 2018, 19:40 WIB
20170608-Kostum Jet Iron Man Hadir di Dunia Nyata-AFP
Perbesar
Richard Browning mencoba kostum terbang yang diilhami superhero Iron Man, di Vancouver, Kanada, 27 April 2017. Proyek ini merupakan bagian dari ambisi pribadinya, yang diinspirasi dari sang ayah yang mencintai mesin untuk penerbangan. (GLENN CHAPMAN/AFP)

Liputan6.com, London - Pernah membayangkan untuk menjadi Iron Man? Sekarang, hal itu bisa Anda wujudkan berkat kehadiran pakaian canggih bertajuk Gravity Suit.

Ini meruoakan sebuah setelan jas lengkap dengan jet, yang dirancang oleh seorang ilmuwan di Inggris, dan telah mulai dijual secara komersil di pusat perbelanjaan di London dengan harga 340.000 pound sterling, atau setara Rp 6,4 miliar.

Terbuat dari konstruksi material hasil cetakan tiga dimensi, lima mesin jet miniatur yang dipasang di lengan pilot dan punggung, serta komponen elektronik, setelan yang diproduksi Gravity Industries itu mengingatkan kita pada yang dikenakan oleh Robert Downey Jr ketika ia memainkan tokoh pahlawan super Marvel, Iron Man.

Dengan menggunakan tangki bahan bakar jet atau solar berkapasitas 15 liter, kostum jet itu mampu terbang dengan kecepatan 50 kilometer per jam, dan batas ketinggian 3.600 meter --meskipun perancang teknologi itu, Richard Browning hanya melayang beberapa meter di atas tanah ketika menggunakannya, untuk alasan keamanan.

"Kostum ini menghabiskan sekitar empat liter bahan bakar untuk terbang selama satu menit di posisi mengambang," kata Browning dalam sebuah uji coba di jalan tertutup di luar pusat perbelanjaan mewah Selfridges & Co --yang menjual salah satu setelan itu-- pada Rabu 18 Juli 2018 lalu.

"Jadi, Anda bisa terbang selama sekitar tiga sampai empat menit dengan mudah. Pada hari yang dingin, ketika Anda mendapatkan lebih banyak dorongan, kostum akan terbang selama sekitar sembilan menit," kata perancang kostum terinspirasi Iron Man itu.

 

Simak videonya berikut ini:

2 dari 2 halaman

Membutuhkan Banyak Energi

20170608-Kostum Jet Iron Man Hadir di Dunia Nyata-AFP
Perbesar
Richard Browning menjelaskan penemuannya, yakni kostum terbang yang diilhami superhero Iron Man, di Vancouver, Kanada, 27 April 2017. Pria 38 tahun itu mengembangkan kostum jetnya dengan bantuan sejumlah teman selama 18 bulan terakhir. (GLENN CHAPMAN/AFP)

Richard Browning melanjutkan, untuk terbang melayang, kostum itu membutuhkan banyak energi.

"Itu sesuatu yang ingin kita tingkatkan, tetapi hal tersebut adalah konsekuensi tak terelakkan dari terbang tanpa sayap."

Orang yang penasaran dengan cara kerja kostum itu dan calon pembeli dapat mencobanya sendiri di Selfridges & Co. Mereka yang memutuskan untuk membeli kostum itu juga akan mendapatkan pelatihan khusus dari Gravity Industries.

Tertarik membeli kostum terinspirasi Iron Man itu?

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait