Sukses

Kostum Terinspirasi Iron Man yang Bisa Terbang Dijual Seharga Rp 6 Miliar di Inggris

Penemu asal Inggris menciptakan kostum terinspirasi Iron Man. Lima jet mini pada kostum itu bisa membuat penggunanya terbang selama 4 menit.

Liputan6.com, London - Pernah membayangkan untuk menjadi Iron Man? Sekarang, hal itu bisa Anda wujudkan berkat kehadiran pakaian canggih bertajuk Gravity Suit.

Ini meruoakan sebuah setelan jas lengkap dengan jet, yang dirancang oleh seorang ilmuwan di Inggris, dan telah mulai dijual secara komersil di pusat perbelanjaan di London dengan harga 340.000 pound sterling, atau setara Rp 6,4 miliar.

Terbuat dari konstruksi material hasil cetakan tiga dimensi, lima mesin jet miniatur yang dipasang di lengan pilot dan punggung, serta komponen elektronik, setelan yang diproduksi Gravity Industries itu mengingatkan kita pada yang dikenakan oleh Robert Downey Jr ketika ia memainkan tokoh pahlawan super Marvel, Iron Man.

Dengan menggunakan tangki bahan bakar jet atau solar berkapasitas 15 liter, kostum jet itu mampu terbang dengan kecepatan 50 kilometer per jam, dan batas ketinggian 3.600 meter --meskipun perancang teknologi itu, Richard Browning hanya melayang beberapa meter di atas tanah ketika menggunakannya, untuk alasan keamanan.

"Kostum ini menghabiskan sekitar empat liter bahan bakar untuk terbang selama satu menit di posisi mengambang," kata Browning dalam sebuah uji coba di jalan tertutup di luar pusat perbelanjaan mewah Selfridges & Co --yang menjual salah satu setelan itu-- pada Rabu 18 Juli 2018 lalu.

"Jadi, Anda bisa terbang selama sekitar tiga sampai empat menit dengan mudah. Pada hari yang dingin, ketika Anda mendapatkan lebih banyak dorongan, kostum akan terbang selama sekitar sembilan menit," kata perancang kostum terinspirasi Iron Man itu.

 

Simak videonya berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membutuhkan Banyak Energi

Richard Browning melanjutkan, untuk terbang melayang, kostum itu membutuhkan banyak energi.

"Itu sesuatu yang ingin kita tingkatkan, tetapi hal tersebut adalah konsekuensi tak terelakkan dari terbang tanpa sayap."

Orang yang penasaran dengan cara kerja kostum itu dan calon pembeli dapat mencobanya sendiri di Selfridges & Co. Mereka yang memutuskan untuk membeli kostum itu juga akan mendapatkan pelatihan khusus dari Gravity Industries.

Tertarik membeli kostum terinspirasi Iron Man itu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.