Kabar Rowan Atkinson Meninggal Hoaks, Ini yang Terjadi Jika Anda Mengeklik Beritanya

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 19 Jul 2018, 18:07 WIB
Diperbarui 21 Jul 2018, 17:13 WIB
[Bintang] Rowan Atkinson

Liputan6.com, London - Sebuah kabar mengejutkan di jagat media sosial baru-baru ini beredar. Kabar yang menyebut pemeran karakter Mr Bean, Rowan Atkinson, meninggal sudah dipastikan adalah sebagai berita palsu atau hoaks.

Unggahan yang dibuat seolah-olah berasal dari cuplikan berita stasiun televisi Fox News itu menampilkan foto Rowan Atkinson, yang disertai dengan teks bertuliskan "R.I.P. 1955-2017".

Dikutip dari Thesun.co.uk pada Kamis (19/7/2018, ketika mengklik tombol "play" pada video itu, Anda tidak akan menemukan kabar meninggalnya sang Mr Bean, termasuk dari Fox News sekali pun.

Alih-alih berisi berita, unggahan tersebut justru akan mengarahkan siapa pun yang mengekliknya ke sebuah situs bertajuk Hoax Slayer. Di sini, pengguna internet terancam masuk ke dalam peringatan keamanan palsu, yang mengklaim komputer terkait telah dikunci, dan kemudian meminta untuk menghubungi sebuah nomor ponsel yang tertera

Hati-hati dan jangan tertipu. Menelepon nomor tersebut justru akan membuat Anda masuk ke dalam jebakan hipnotis, yang bisa membuat Anda menyerahkan rincian data penting, seperti kartu kredit dan rekening bank, tanpa sadar.

Tautan pada kabar hoaks meninggalnya pemeran Mr Bean juga bisa mengelabui pengguna untuk setuju mengunduh perangkat lunak, yang nantinya akan memicu kehadiran "berkas jahat" serta berisiko mencuri data-data pribadi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

2 dari 2 halaman

Bukan Pertama Kali Dikabarkan Meninggal

Lucu dan berbakat, itulah kalimat yang melekat pada seorang Rowan Atkinson atau Mr. bean (AP)
Lucu dan berbakat, itulah kalimat yang melekat pada seorang Rowan Atkinson atau Mr. bean (AP)

Ini bukan pertama kalinya Rowan Atkinson dikabarkan meninggal oleh berita-berita hoaks yang kejam di dunia maya.

Tercatat bahwa kabar hoaks tentang kematian sang aktor mulai marak tersiar sejak 2016. Kala itu disebutkan ia meregang nyawa karena bunuh diri.

Setahun setelahnya, muncul kabar serupa. Namun, kali ini meninggalnya disebabkan oleh kecelakaan di lokasi syuting.

Berbagai kabar miring tersebut nyatanya tidak lebih dari hoaks dan Rowan Atkinson dikabarkan masih hidup dengan sehat dengan kekayaan mencapai 100 juta pound sterling, atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Kabar terakhir menyebut aktor yang juga seorang akademisi ilmu teknik mesin itu telah menyelesaikan proses pengambilan gambar untuk film Johnny English Strikes Again, yang bertema komedi spionase.

Film ini dijadwalkan mulai tayang di bioskop seluruh dunia pada 12 Oktober mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓