Sukses

5 Negara Ini Ukurannya Lebih Kecil di Banding Luas Jakarta

Ada banyak negara yang memiliki luas area kurang dari 400 kilometer persegi. Bahkan, dibandingkan dengan kota-kota dari negara lain negara-negara tersebut kalah besar.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini tercatat ada 194 negara di dunia. Negara-negara tersebut ada yang besar, sedang, kecil hingga sangat kecil.

Bahkan, dibandingkan dengan kota-kota dari negara lain negara-negara tersebut kalah besar. Meski demikian, wilayah ini tetap disebut sebagai negara.

Ada banyak negara yang memiliki luas area kurang dari 400 kilometer persegi.

Negara-negara berikut ini bahkan memiliki luas wilayah yang lebih kecil ketimbang ibukota Indonesia. Berikut ini adalah 5 negara paling kecil di dunia.

 

Reporter: Fikri Alfathan

Sumber: Brilio.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Vatikan (0.44 km²)

Negara terkecil di dunia saat ini adalah Vatican. Dengan luas wilayah 0.44 kilometer persegi, Vatican dinobatkan sebagai negara dengan luas wilayah terkecil di dunia.

Vatican adalah pusat dari gereja katolik. Gereja terbesar di dunia juga terletak di Vatican yaitu St. Peter's Basilica.

Pendapatan utama Vatican datang dari sumbangan-sumbangan dari lebih dari 1 milyar anggota dari Roman Catholic Church di seluruh dunia.

 

3 dari 6 halaman

2. Monaco (2 km²)

Monaco adalah negara yang memiliki penduduk jutawan dan miliarder terbanyak di dunia. Monaco juga adalah negara terkecil kedua di dunia dengan luas wilayah hanya 2 kilometer persegi.

Monaco dikenal luas sebagai negara perjudian dan negara dengan produksi barang-barang mewah, hal ini membuat Monaco menjadi negara favorite para orang paling kaya di dunia.

Para penduduk Monaco mayoritas berbahasa Prancis. Dengan populasi sekitar 36.000, Monaco adalah negara paling padat penduduk di dunia.

 

4 dari 6 halaman

3. Nauru (21 km²)

Nauru adalah negara kepulauan terkecil di dunia. Dengan banyaknya sumber daya alam yang terkuras habis, Nauru memiliki 90 persen tingkat pengangguran dengan 10 persen sisanya bekerja untuk pemerintah.

Nauru juga dikenal sebagai negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia dengan 97 persen dari pria dan 93 persen dari wanita Nauru menderita obesitas.

Luas wilayah Nauru hanya 21 kilometer persegi yang membuatnya menjadi negara ketiga terkecil di dunia.

 

5 dari 6 halaman

4. Tuvalu (26 km²)

Tuvalu terletak di Samudra Pasifik timur laut dari Australia. Dengan luas wilayah 26 kilometer persegi, Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia.

Ada sekitar 10.000 penduduk di Tuvalu dengan jalanan sepanjang 8 kilometer dan hanya ada satu rumah sakit di pulau utama. Karena letak negaranya yang jauh, negara ini sangat jarang dikunjungi.

Pada tahun 2010, ada kurang dari 2.000 turis yang berkunjung ke Tuvalu dengan 65 persen dari turis tersebut datang hanya untuk berbisnis.

 

6 dari 6 halaman

5. San Marino (61 km²)

San Marino berada di tengah-tengah negara Italia. Dengan luas wilayah 61 kilometer persegi, San Marino menjadi negara paling kecil nomor lima di dunia.

Walaupun sangat kecil, San Marino adalah salah satu dari negara terkaya di dunia. San Marino adalah negara terkecil ketiga di benua Eropa dengan populasi sekitar 30.000 jiwa.

Walaupun begitu, San Marino adalah salah satu dari negara yang memiliki tingkat pengangguran terendah di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.