Sukses

Abang None Jakarta Berguru Teater ke Broadway New York

Empat anggota Teater Abang None Jakarta melakukan latihan pementasan teater di Broadway, New York, Amerika Serikat.

Liputan6.com, New York - Tampil di depan para seniman Broadway, New York empat anggota Teater Abang None Jakarta melakukan sebagian pementasan teater dari skenario panggung dan lagu Broadway seperti Kinky Boots dan lagu Show People.

Mereka tampil dengan konsep musikal Broadway yang menggabungkan antara teater, tari dan lagu. Selama sepuluh hari, mereka mengikuti pelatihan intensif yang sangat ketat.

"Awalnya sempat nervous ya, karena kita dilatih langsung oleh para profesional pemain teater musikal Broadway, juga casting director dan music director. Kemampuan mereka benar-benar advance banget," ujar Non Bia, panggilan akrab Nabila Katyana, None Jakarta Utara 2015 yang tampak sedikit kelelahan di taman Herald Square, Manhattan, New York.

Non Bia berangkat ke New York bersama dengan Non Ufa (Ufa Sofura), Bang Audi (Audi Pratama) dan Bang Aldy (Rinaldy Zulkarnain). Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (16/7/2018).

Awalnya, keempat alumni Abang & None Jakarta itu lolos audisi dalam program #abnontobroadway yang digagas oleh Ikatan Abang None Jakarta (IANTA), organisasi yang bertujuan melestarikan budaya asli Jakarta yaitu budaya seni Betawi.

IANTA bekerjasama dengan Oudpro for Passport to Broadway yang diprakarsai oleh founder Oudpro, Novie Hernawaty, membuka kesempatan bagi para alumni Abnon yang tergabung dalam Kelompok Teater Abnon Jakarta untuk ikut audisi. Teater ini pernah sukses mementaskan pertunjukkan Babe Muka Kampung Rejeki Kota dan Enam Sketsa Jakarta.

"Passport to Broadway adalah sebuah program pengembangan self esteem, kepribadian dan kepemimpinan dengan menggunakan teater Broadway sebagai media untuk proses pengembangan pribadi mereka," jelas Novie Hernawaty yang turut mendampingi pelatihan ini. Program ini didukung oleh Pemda DKI, Depdikbud, Bekraf, dan Departemen Pariwisata serta Galeri Indonesia Kaya.

"Dengan mengikuti workshop teater musikal ini, para Abnon akan belajar disiplin dan karakter bukan hanya untuk seni peran tapi juga seni tari dan penghayatan sambil menghapal skenario dan lirik lagu," tambah Novie.

Selain workshop, berbagai kegiatan dirancang untuk menambah wawasan seni teater selama mereka berada di New York, seperti melakukan studi langsung di belakang panggung Broadway dan penghayatan seni di taman publik Central Park dan Chinatown. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menonton langsung pertunjukkan Broadway, Kinky Boots dan Frozen.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendulang Pengalaman

Amy Weinstein, Direktur Artistik dan CEO dari Students Live Broadway Education Program yang merancang kurikulum pelatihan, sempat meragukan akan kemampuan dan talenta para Abnon dari Jakarta.

"Mereka sangat baik dan sopan. Saya sempat ragu karena budaya disini berbeda dengan di Indonesia, lebih terbuka dan ekspresif. Tapi mereka dapat beradaptasi dengan bagus, sangat profesional," kata Amy yang ingin memberikan kesempatan lebih banyak kepada anak-anak muda untuk belajar tentang seni drama musikal Amerika.

"Setelah dari New York, para peserta ini diharapkan untuk dapat membagi pengalamannya di Broadway selama 10 hari ini kepada komunitas-komunitas lain yang tergabung dalam program Ruang Kreatif di Galeri Indonesia Kaya," kata Program Director Djarum Foundation, Renitasari, yang mendukung program Teater Abnon ke Broadway.

"Kedepannya kita juga akan mengundang tim Passport To Broadway ke Indonesia untuk memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para artis seni pertunjukkan Indonesia," tambah Renitasari yang khusus datang ke New York untuk program ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.