Sukses

Vladimir Putin: Pemilik Fan ID Piala Dunia 2018 Bebas Visa ke Rusia hingga Akhir Tahun

Vladimir Putin mengumumkan, warga asing mana pun yang mengantongi ‘Fan ID’ dapat bolak-balik memasuki Rusia tanpa visa hingga akhir tahun.

Liputan6.com, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin berterima kasih kepada para pemain dan penggemar dari seluruh dunia yang telah memeriahkan rangkaian Piala Dunia FIFA 2018™.

Sebagai ungkapan terima kasih, Putin mengumumkan bahwa warga asing mana pun yang mengantongi 'Fan ID' dapat bolak-balik memasuki Rusia tanpa visa hingga akhir tahun, demikian dikutip dari laman RBTH Indonesia, Selasa (17/7/2018).

"Tentu, kami patut bangga dengan upaya kami menggelar turnamen ini. Kami melakukan yang terbaik untuk pencinta olahraga Rusia dan pencinta olahraga di seluruh dunia. Dan kami berhasil menyelenggarakan acara akbar ini dalam segala aspek," kata Vladimir Putin kepada para wartawan setelah upacara penghargaan Piala Dunia.

Presiden Rusia pun tak lupa berterima kasih kepada para suporter, baik dalam maupun luar negeri, yang telah membuktikan bahwa ketakutan akan hooliganism dan kriminalitas ternyata hanya isu yang dibesar-besarkan menjelang Piala Dunia.

Suporter Rusia terbukti "tak hanya emosional, tetapi juga bertanggung jawab,” kata Putin, seraya menambahkan bahwa sebenarnya ia "agak terkejut."

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para tamu, turis asing, dan penggemar sepak bola seluruh dunia. Lihatlah bagaimana selama ini kita sering kali diwanti-wanti — suporter Inggris atau orang asing lainnya akan datang dan membuat kekacauan. Ternyata, semuanya baik-baik saja," ujar sang pemimpin Rusia. \

Ia pun menyebutkan bahwa para penggemar "menunjukkan kualitas terbaik mereka," menunjukkan bahwa olahraga memang dapat mempersatukan umat manusia.

Vladimir Putin juga mengumumkan bahwa setiap warga asing yang memiliki ‘Fan ID’ otomatis dapat bolak-balik masuk Rusia tanpa visa hingga akhir tahun ini. ID semacam itu dikeluarkan untuk semua suporter yang memiliki tiket pertandingan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prancis Juara Piala Dunia

Prancis berhasil memenangkan Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Kroasia 4-2.

"Tim Kroasia bermain secara terbuka dan mengambil risiko,” kata Putin, “tapi, tentu saja, Prancis menunjukkan kualitas bermain yang luar biasa."

Tak hanya itu, Piala Dunia kali ini juga merupakan suatu pencapaian bagi timnas Rusia, kata Putin. Meski sering diejek, Rusia berhasil masuk ke babak perempat final sebelum akhirnya digulingkan Kroasia. Sebelumnya, Rusia bahkan tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia.

"Kami sadar bahwa kami punya semangat sepak bola, kami memiliki tim yang hebat, dan sekolah-sekolah (sepak bola) kami makin berkembang," kata Putin memuji tim dan sang pelatih, Stanislav Cherchesov.

Kinerja timnas jelas menunjukkan bahwa Rusia dapat mencapai hasil yang lebih baik di masa depan, tambah sang presiden.

"Pemain-pemain Rusia menunjukkan karakter dan permainan berkualitas tinggi. Mereka berjuang sampai akhir. Ini yang penting," tegas Putin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.