Pakai Jersey Timnas Saat Rapat Kabinet, Foto Menteri Kroasia Ini Viral

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 15 Jul 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 15 Jul 2018, 19:40 WIB
Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic mengenakan seragam timnas nomor 9 sebagai perayaan dan bentuk dukungan terhadap Kroasia yang masuk ke final Piala Dunia 2018 (AP PHOTO)
Perbesar
Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic (kedua dari kanan) mengenakan seragam timnas nomor 9 sebagai perayaan dan bentuk dukungan terhadap Kroasia yang masuk ke final Piala Dunia 2018 (AP PHOTO)

Liputan6.com, Zagreb - Kroasia telah mengejutkan banyak pihak dalam Piala Dunia 2018. Tim berstatus kuda hitam itu masuk ke final untuk pertama kalinya dalam sejarah negara mereka.

Sebagai negara termuda di dunia --yang merdeka kurang dari 30 tahun lalu-- mencapai final di Piala Dunia untuk pertama kalinya merupakan sebuah kebanggaan yang menakjubkan.

Rasa bangga tampak santer dirasakan sejumlah warga Kroasia, termasuk jajaran pejabat tinggi negara.

Sejumlah foto yang viral di dunia maya dan media sosial menunjukkan rasa bangga yang tak tertahankan dari para menteri negara di kawasan Balkan itu.

Rasa bangga itu ditunjukkan dengan aksi para menteri yang memutuskan untuk rapat kabinet dengan mengenakan seragam timnas. Demikian seperti dikutip dari The Indian Express, Minggu (15/7/2018).

"Apa yang terjadi kemarin di Moskow (usai partai semifinal kontra Inggris 12 Juli 2018) adalah promosi terbaik untuk negara di tingkat global. Ini adalah keberhasilan untuk sebuah negara kecil dengan hati yang besar," kata Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic pada awal sesi rapat kabinet, menurut Reuters.

Di Twitter, warganet dan akun media menyukai gestur indah dari para menteri Kroasia yang rapat kabinet pada 13 Juli 2018 dengan mengenakan seragam timnas:

"Kabinet Kroasia memiliki penampilan yang pantas pada rapat pagi itu," tulis akun Twitter Metro Daily Sport Inggris, @Metro_Sport di atas.

"Ketika Kroasia merayakan keberhasilan mereka mencapai final #piala dunia, kabinet menunjukkan dukungannya dengan mengenakan jersey timnas untuk bekerja," tulis akun Twitter media Irlandia RTE News, @rtenews.

Sementara itu, akun Twitter @giststack di atas menggarisbawahi unsur "patriotisme" dari para menteri kabinet Kroasia di atas.

Kroasia memisahkan dan memerdekakan diri dari Yugoslavia pada 1991 dan masuk menjadi anggota FIFA pada 1992. Olahraga memiliki peran penting untuk sebagai penyubur kesadaran kolektif bangsa yang baru lahir, meningkatkan kepercayaannya pada semangat nasionalis yang baru ditemukan.

Dengan 'generasi emas' Kroasia di lapangan, ada harapan tulus di antara para warga negara bahwa Luka Modric Cs dapat menjuarai Piala Dunia 2018. Pada partai final, Kroasia akan menghadapi Prancis, Minggu 15 Juli 2018.

 

Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Unggahan Rasa Bangga Presiden Kroasia

Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarović mungkin merupakan salah satu kepala negara yang benar-benar menjadi fan setia bagi tim nasional sepak bola negaranya.

Belakangan, Presiden Kolinda terlihat ikut menyaksikan langsung pertandingan perempat final Kroasia vs Rusia di Sochi pada Sabtu 7 Juli 2018 lalu.

Kemunculannya kala itu menarik perhatian dan mendapat respons positif dari publik.

Berpakaian seragam timnas, presiden perempuan pertama Kroasia itu menyaksikan seluruh jalannya pertandingan --dari menit 0 hingga drama adu penalti-- dari tribun VIP, duduk di antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev.

Meski ia tak hadir di stadion kala pertandingan semi final Kroasia vs Inggris pada Rabu 11 Juli 2018, unggahan akun Facebook-nya mengindikasikan bahwa Presiden Kolinda menyaksikan langsung pertandingan tersebut di tempat lain lewat media tertentu.

Buktinya, ketika Mario Mandzukic mencetak gol kemenangan Kroasia saat melawan Inggris pada menit ke-109 waktu tambahan, Presiden Kolinda tak butuh waktu lama untuk merayakan lewat akun Facebook-nya --seperti gambar di atas paragraf pertama.

Sebelumnya, dalam video viral di media sosial, Presiden Kolinda Grabar-Kitarovic dapat terlihat melompat dan bersorak-sorai bersama pemain timnas negaranya di ruang ganti usai pertandingan Kroasia vs Rusia akhir pekan lalu.

Dengan tangan di pundak para pemain di kedua sisi, ia membuat kerumunan tim yang sempurna saat tim Kroasia menyanyikan sebuah lagu untuk merayakan salah satu penampilan terbaik mereka dalam Piala Dunia sejak edisi 1998 --di mana Kroasia berhasil menyabet peringkat ketiga.

Lanjutkan Membaca ↓