Sukses

Jika Inggris Menang Piala Dunia 2018, 16 Juli Jadi Hari Libur Nasional?

Aksi para pendukung timnas Inggris dan penggemar Piala Dunia 2018 tak ayal membuat Parlemen kebingungan.

Liputan6.com, London - Suporter timnas Inggris berkampanye untuk mengajukan hari libur nasional melalui sebuah petisi, jika Three Lions menang di Piala Dunia 2018. Agar lolos, petisi tersebut harus mendapatkan 150.000 tanda tangan.

Kini, petisi itu sudah mencapai 100.000 tanda tangan dan Parlemen mulai mempertimbangkannya. Sementara itu, permohonan di situs web Parlemen menegaskan bahwa hari libur nasional harus segera ditetapkan, karena jika Inggris keluar sebagai juara, maka Senin menjadi hari yang "tidak menyenangkan" bagi para pendukung timnas.

"Jika Inggris memenangkan Piala Dunia, hari Senin seharusnya dijadikan hari libur nasional 2018," tulis petisi itu.

"Kami membutuhkan ini untuk semua pendukung Inggris, karena hari berikutnya (Senin) tidak akan menyenangkan," demikian seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (11/7/2018).

Suporter Inggris memberikan dukungan saat melawan Nigeria pada laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Sabtu (2/6/2018). Inggris menang 2-1 atas Nigeria. (AFP/Ben Stansall)

The Trades Union Congress -- sebuah federasi serikat pekerja di Inggris dan Wales -- mendukung petisi tersebut. Pimpinannya menegaskan bahwa para pekerja "berhak" mendapatkannya, tetapi mengingat proses untuk merealisasikan petisi menjadi undang-undang memakan waktu beberapa bulan, maka sangat kecil kemungkinan untuk disepakati pada 16 Juli.

Bagaimanapun juga, Perdana Menteri Theresa May mempunyai kuasa untuk memutuskan sendiri, meski saat ini dia belum memberikan penjelasan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikomentari Pimpinan Partai Buruh

Sementara itu, pimpinan Partai Buruh Jeremy Corbyn, menginginkan seluruh rakyat Inggris mendapatkan libur jika tim asuhan Gareth Southgate keluar sebagai pemenang di ajang sepak bola bergengsi itu.

"Kami tidak ingin terlalu terburu-buru," kata seorang juru bicara Partai Buruh awal bulan ini. "Tapi saya kira, Jeremy percaya bahwa jika Inggris memenangkan Piala Dunia, maka harus ada libur nasional untuk merayakannya."

Piala Dunia 2018 menjadi momen bersejarah bagi Inggris. Pasalnya kali ini, timnas asuhan Southgate ini berhasil lolos ke semifinal, setelah kekalahan adu penalti dengan Jerman pada tahun 1990.

Pada hari Kamis dini hari, tepatnya pukul 01.00 waktu setempat, Inggris akan menghadapi Kroasia dalam laga penentuan final. Pemenangnya akan bertemu Prancis. Sedangkan jalannya pertandingan akan dilangsungkan di Luzhinki Stadium pada Senin pukul 01.00 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.