'Avozilla' Si Alpukat Jumbo Berbobot 1,8 Kg Dijual Rp 127 Ribu, Tertarik?

Oleh Tanti Yulianingsih pada 11 Jul 2018, 20:20 WIB
Diperbarui 11 Jul 2018, 20:20 WIB
Buah Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Liputan6.com, Queensland - Alpukat berbobot satu kilogram yang ditanam di Queensland, Australia akan segera dipasarkan. Namun baru dijual di toko-toko kelontong di Sydney, Adelaide dan Perth.

Alpukat yang dijuluki "Avozilla" karena memiliki berat antara 1 kg dan 1,8 kg itu dijual sekitar 12 dolar Australia atau berkisar Rp 127 ribu. Jumlahnya sangat terbatas.

Petani bernama David Grove, dari Groves Grown Tropical Fruit yang berbasis di Queensland tengah, saat ini merupakan satu-satunya pemasok alpukat jenis Avozillas di Australia.

Groves menanam 400 pohon Avozilla sekitar empat tahun lalu. Juni tahun ini adalah panen pertama dari alpukat jumbo itu.

"Kami takjub melihat betapa besar buahnya. Kami sangat senang dengan ukurannya," kata Grove kepada News.com.au yang dikutip Selasa (11/7/2018).

"Rata-rata ukuran Avozilla 1,2 kg. Kami memiliki yang lebih kecil dan yang terbesar adalah 1.8 kg, tapi yang satu itu agak aneh."

Avozilla sejatinya berasal dari Afrika Selatan dan awalnya disebut Post Office, sebelum diubah namanya oleh pemilik hak pengembangbiakkan tanaman.

Grove mengatakan petani yang berbeda baru saja menanam 2.000 pohon lain, tetapi hasilnya baru bisa dipanen beberapa tahun mendatang.

"... Kami hanya menjual beberapa kotak seminggu dan kami telah menjual melalui pasar grosir, membatasi penjualannya hanya ke Sydney, Adelaide, dan Perth," tuturnya.

"Ada banyak sekali kegembiraan menyambut Avozilla, tetapi saya tidak yakin hal itu akan meraup kesuksesan komersial. ... Akan selalu ada Avozillas jika ada pasokan."

Alpukat jenis Avozilla saat ini dijual ke pasar grosir dan segera terjual habis.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Terjual Dalam 24 hingga 48 Jam

Alpukat
Perbesar
Solusi alami sembuh dari autoimun dengan khasiat buah alpukat dan bahan makanan lainnya. (Liputan6.com)

Manajer penjualan buah tropis dan eksotis di Mercer Mooney di Perth, Cameron Perna, mengatakan Avozilla dijual seharga 12 dolar Australia. Terjual dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah mendarat di pusat distribusi.

"Satu-satunya yang kami perjuangkan untuk dijual adalah yang lebih kecil, tetapi yang lebih besar sudah dijual sebelumnya bahkan sebelum meninggalkan Queensland," kata Perna kepada ABC.

"Kami memiliki dua hingga tiga pembeli yang cukup banyak membeli, bahkan sebelum tiba," katanya.

Perna mengatakan Avozilla adalah keuntungan yang besar.

"Saya memotong satu dan mendapat sembilan buah porsi alpukat yang dihancurkan dengan roti panggang. Ini adalah produk yang menarik karena semua orang bisa makan alpukat, dan bukannya membeli dua atau tiga kali seminggu, Anda hanya perlu membelinya satu kali."

Lanjutkan Membaca ↓