Sukses

Banjir dan Tanah Longsor di Jepang, Hampir 100 Orang Tewas

Hujan lebat yang melanda wilayah barat Jepang picu banjir dan tanah longsor yang sebabkan hampir 100 orang tewas.

Liputan6.com, Prefektur Okayama - Puluhan orang dilaporkan tewas dan hampir 2 juta penduduk terpaksa mengungsi akibat hujan lebat yang menghantam wilayah barat daya Jepang, memicu banjir besar dan tanah longsor yang mematikan.

Pihak berwenang mengatakan kepada stasiun televisi NHK bahwa 85 orang tewas, 6 orang berada dalam kondisi kritis, dan setidaknya 58 orang hilang.

"Curah hujan tinggi di beberapa bagian negara telah menyebabkan sungai-sungai meluap, sehingga memicu banjir besar dan tanah longsor di beberapa daerah," kata Menteri Kabinet Yoshihide Suga, sebagaimana dikutip dari CNN, Senin (9/7/2018).

Disebutkan oleh Yoshihide, bahwa ratusan rumah hancur dan rusak di delapan prefektur, termasuk di kawasan hunian sekitar Kyoto dan Hiroshima.

Badan Meteorologi Jepang menaikkan sistem peringatannya ke tingkat tertinggi di wilayah pantai barat, seraya mengimbau wilayah lain untuk turut waspada.

Stasiun televisi NHK melaporkan bahwa curah hujan sekitar 364 milimeter turun antara pukul 05.00 - 07.00 pagi di Kota Uwajima, yang disebut 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata curah hujan pada Juli.

Di Sukumo City di Prefektur Kochi, curah hujan yang turun dilaporkan mencapai 263 milimeter selama dua jam, dan disertai dengan beberapa kali angin kencang.

Menurut salah seorang pejabat badan meteorologi setempat, Minako Sakurai, ancaman hujan lebat diprediksi akan terus berlanjut hingga akhir pekan ini di wilayah barat dan timur Jepang.

Setidaknya sebanyak hampir 4 juta orang diimbau untuk bersiap melakukan evakuasi, jika muncul tanda-tanda kemungkinan buruk akibat hujan lebat.

Pejabat pemerintah memperingatkan warga yang bermukim di area sekitar lokasi bencana, berisiko mengalami bencana tanah longsor, banjir, embusan angin, dan kondisi cuaca ekstrem lainnya.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan 54 ribu personel telah dimobilisasi untuk upaya pencarian dan penyelamatan.

 

Simak video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Curah Hujan Tertinggi Dalam Sejarah Jepang

Hujan deras melanda kawasan Jepang barat sejak Kamis, 5 Juni 2018. Curah hujan mencapai titik rekor tertinggi dalam sejarah Jepang pada Minggu 8 Juni lalu, dengan dampak sampingan berupa banjir, longsor, dan petir hebat, papar Badan Meteorologi dan Klimatologi Jepang.

Otoritas telah mengimbau evakuasi sejak beberapa hari sebelumnya. Namun, banyak warga yang tidak menghiraukan imbauan tersebut sehingga menyebabkan tingginya jumlah korban.

Sampai saat ini, otoritas Jepang masih menetapkan status siaga cuaca buruk di tiga prefektur di Pulau Honshu. Serta mengimbau warga untuk berhati-hati atas banjir dan longsor susulan, angin kencang, serta permukaan sungai yang meninggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • hujan lebat