Sukses

Gantikan Istri yang Sedang Sakit, Pria Ini Menyusui Anaknya

Pria ini menyusui bayinya, demi menggantikan istrinya yang sedang sakit.

Liputan6.com, Wisconsin - Pasangan asal Wisconsin, Amerika Serikat, Maximilian dan April Neubauer baru saja memiliki seorang bayi perempuan bernama Rosalia dalam kehidupan mereka.

Layaknya ibu pada umumnya, April Neubauer memiliki kewajiban baru dalam keseharian, yakni menyusui si bayi Rosalia. Tapi, April tak dalam kondisi yang sehat usai melahirkan Rosalia secara C-section (bedah sesar).

Alhasil, Maximilian --sang ayah-- menggantikan tugas April untuk menyusui si jabang bayi. Tak tanggung-tanggung, gaya menyusui Maximilian pun meniru ibu-ibu pada umumnya. Demikian seperti dikutip dari CBS News, Kamis (5/7/2018).

Semua bermula ketika April melahirkan Rosalia dengan bedah sesar darurat pada Juni 2018.

Kelahiran Rosalia mengejutkan sang ibu baru, karena selama ini ia mengira tidak akan pernah bisa melahirkan, akibat menderita gangguan hormonal yang disebut sindrom ovarium polikistik.

April sempat mengalami beberapa kali kejang selama kelahiran dan harus dibawa ke perawatan intensif setelah pulih. Namun, ia berhasil melahirkan dengan selamat.

Karena kejang yang dideritanya selama kelahiran, April tidak bisa langsung menyusui. Seorang perawat memiliki solusi untuk orang tua baru itu.

Perawat Cybil Martin-Dennehy menganjurkan Maximilian, untuk mengenakan alat menyusui alternatif --yang tersusun dari puting palsu, selang makanan, tabung suntik, dan beberapa formula lain-- untuk sementara menggantikan April.

"Perangkat semacam itu sudah sering digunakan oleh para ibu angkat dan beberapa ibu yang mengalami gangguan menyusui lain," kata Martin-Dennehy.

"Tapi, ini baru pertama kali ketika saya menganjurkannya kepada seorang ayah dan ia mau melakukannya," tambah Martin-Dennehy.

Maximilian mengaku senang melakukan hal itu demi Rosalia dan April.

"Semua orang merasa senang melihat saya melakukannya," jelas sang ayah.

Martin-Dennehy mengaitkan perangkat itu pada Maximilian. Ia kemudian membantu Maximilian menggendong Rosalia pada posisi yang tepat, lalu mengarahkan mulut si jabang bayi ke puting palsu yang digunakan sang ayah.

"Rosalia langsung lekat dan ia kemudian berhasil menyusu di dada ayahnya," kata Martin-Dennehy.

April dan Maximilian Neubauer segera mengabadikan momen unik menyusui tersebut dengan memfoto dan mengunggahnya ke Facebook.

Unggahannya menjadi viral dengan 30.000 share dan mendapat perhatian luas dari media.

 

Simak pula video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi Contoh

Meski April segera mengambilalih tugas menyusui dalam waktu dekat, Maximilian senang pernah mencoba melakukannya meski hanya sekali.

Perawat Martin-Dennehy berharap gagasan seorang pria menyusui dapat diterima secara luas oleh masyarakat dan para laki-laki, dengan menjadikan Maximilian sebagai contoh.

"Dia langsung melakukannya tanpa ragu-ragu. Dia sangat bersemangat untuk dapat memenuhi keinginan rencana kelahiran mereka ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana," kata perawat itu kepada CBS News.

"Saya berharap ini mendorong penyedia layanan kesehatan lain untuk mengenali peran yang dimainkan ayah dalam menyusui. Mungkin lebih dari itu sekarang!" kata Martin-Dennehy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.