Sukses

Selamatkan Bocah Nyaris Tenggelam, Imigran Suriah di Jerman Tuai Pujian

Setelah aksi imigran Mali yang bertingkah bak 'spiderman' menyelamatkan seorang anak nyaris jatuh di Prancis, kini imigran dari Suriah di Jerman tengah jadi sorotan.

Nordrhein Westfalen - Kisah heroik dari seorang imigran kembali mengemuka, setelah aksi warga Mali yang bertingkah bak 'spiderman' menyelamatkan seorang anak yang nyaris jatuh dari gedung di Prancis. Kali ini seorang pria Suriah yang namanya tengah jadi sorotan di Jerman.

Berikut ini kisah selengkapnya, seperti dikutip dari DW, Minggu (1/7/2018). 

Berawal dari aksi penyelamatan bocah 3 tahun yang jatuh ke sungai di sebuah kota kecil Jerman oleh seorang pria Suriah. Polisi mengatakan, seandainya dia tidak bertindak bocah itu mungkin tenggelam.

"Pria asal Suriah berusia 49 tahun itu berhasil menyelamatkan bocah 3 tahun yang jatuh ke Sungai Henne di Kota Meschede, negara bagian Nordrhein Westfalen," kata polisi Kamis 29 Juni 2018.

Menurut harian lokal, pria itu bernama Abdulmanaf Mohamad. Polisi mengatakan, anak lelaki itu sedang bermain di tepian ketika dia tergelincir ke sungai dan segera terseret arus. Jika tidak segera diselamatkan, bocah itu mungkin tenggelam kedinginan.

Abdulmanaf Mohamad mengatakan pada koran lokal, dia melihat anak itu jatuh ke sungai. Istrinya menceritakan, anak itu hanya terlihat kepalanya saja di dalam air. "Anak itu berputar-putar di air," katanya.

Polisi mengatakan, Abdulmanaf langsung melompat ke sungai yang dingin dengan kedalaman beberapa meter, lalu menyeret bocah itu ke tempat aman. Para tetangga kemudian datang membantu dan membalut bocah itu dengan selimut tebal sebelum dibawa ke rumah sakit karena hipotermia atau suhu tubuh terlalu rendah.

"Kalau si penyelamat tidak bereaksi dengan baik, mungkin hal lebih buruk yang terjadi," kata juru bicara kepolisian Holger Glaremin kepada stasiun siaran WDR.

Imigran Suriah itu mengatakan kepada wartawan: "Saya melihat anak itu dan tahu saya harus menyelamatkannya."

Dia sendiri terluka kakinya dalam proses penyelamatan itu dan ikut dibawa ke rumah sakit.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.