Sukses

Inovasi Baru, Boneka Barbie jadi Media Belajar Pemrogaman Robot

Boneka Barbie paling anyar kini didesain untuk mengajar anak-anak ketrampilan pemrograman komputer.

Jakarta - Tak hanya menjadi mainan anak, kini boneka Barbie punya fungsi baru sebagai media pembelajaran pemrogaman robot. 

Seperti dikutip dari DW, Jumat ( 29/8/2018), boneka Barbie terbaru yang diluncurkan Selasa 26 Juni 2018 memiliki misi membangkitkan minat anak-anak perempuan untuk belajar modifikasi komputer secara real. Sistem belajar ini dimungkinkan berkat kerjasama dengan platform komputer berbasis game untuk anak-anak, Tynker. Demikian rilis dari produsen Barbie, Mattel.

Statistik dari departemen perdagangan Amerika Serikat menunjukkan, pada tahun 2017 profesi di bidang sains, teknologi, rekayasa dan matematika hanya 24 persen dijalani oleh kaum perempuan. Inilah yang mendorong dikembangkannya permainan itu.

Salah satu pendiri Tynker, Krishna Vedati dalam sebuah pernyataan menyebutkan; "Misi perusahaan untuk lebih memberdayakan kaum perempuan, menjadikan Boneka Barbie sebagai mitra paling ideal, untuk membantu kami memperkenalkan pemrograman kepada khalayak luas anak-anak."

Paket Belajar Pemrograman Gratis

Boneka Brabie terbaru yang berprofesi sebagain insinyurTeknik Robotik, dijual bersama berisi enam paket pelajaran pemrograman gratis, yang didesian untuk belajar logika, pemecahan masalah dan membangin blok kodifikasi.

Pelajaran pemrograman menunjukan pada anak-anak pemermpuan, bagaimana membangun robot, memprogram agar begerak pada sebuah pesta dansa atau melompat. 

Selama 60 tahun produksinya, boneka Barbie telah melakoni 200 profesi, antara lain menjadi presiden, astronot atu juga pengembang game komputer.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.