Kuasai Teknik Menyelamatkan Nyawa Manusia, Anjing Ini Viral

Oleh Tanti Yulianingsih pada 26 Jun 2018, 18:40 WIB
Diperbarui 28 Jun 2018, 18:13 WIB
Ilustrasi anjing

Liputan6.com, Madrid - Anjing polisi Spanyol bernama Poncho menjadi perhatian di dunia maya akibat keterampilan luar biasanya menyelamatkan nyawa orang lain.

Seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (26/6/2018), Poncho ternyata telah dilatih untuk melakukan CPR oleh polisi Kota Madrid yang memamerkan keahliannya dalam video yang dibagikan di Twitter. Rekaman itu telah dilihat lebih dari dua juta kali.

Dalam rekaman itu, seorang polisi berpura-pura pingsan. Poncho, yang memiliki lampu polisi warna biru terikat ke punggung, berlari ke petugas yang terlihat tak berdaya itu.

Anjing itu kemudian melompat berulang kali di dadanya, seraya menjulurkan kepalanya ke leher petugas untuk memeriksa denyut nadinya.

CPR, yang merupakan singkatan dari cardiopulmonary resuscitation, adalah teknik pertolongan pertama yang menyelamatkan kehidupan yang dapat dilakukan ketika jantung seseorang berhenti berdetak.

Jutaan orang meninggal karena serangan jantung setiap tahun. Namun, jika dilakukan dengan benar, CPR dapat menggandakan atau memberikan tiga kali kesempatan hidup seseorang.

Studi tahun 2014 di AS menemukan bahwa hampir 45 persen dari mereka yang mengalami serangan jantung di luar rumah sakit selamat, ketika seseorang melakukan CPR pada mereka.

Teknik yang dilakukan anjing bernama Poncho ini bekerja dengan menjaga aliran darah di dalam tubuh, dan dapat memberikan peluang hidup bagi seseorang yang jantungnya berhenti berdetak saat menunggu kedatangan staf medis terlatih.

 

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 of 2

Bukan yang Pertama

Ilustrasi anjing German Shepherd
Ilustrasi anjing German Shepherd (Wikipedia)

Poncho ternyata bukanlah anjing pertama yang mempelajari teknik CPR.

Tahun 2017 lalu anjing Shepherd Belgia menjadi berita utama setelah dia melakukan CPR pada pemiliknya, Lusy Imbergerova. Ketika itu ia beraksi untuk pertunjukan anjing bergengsi di Inggris, Crufts.

Imbergerova yang melatih anjing bernama Deril untuk melompat di dadanya, mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait