Ini 5 Tips Sederhana Mencegah Uban Tumbuh di Kepala Anda

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 22 Jun 2018, 19:20 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:38 WIB
ilustrasi uban

Liputan6.com, Jakarta - Uban dianggap sebagai hal yang sangat tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Maklum saja, uban biasanya dimiliki oleh orang berusia lanjut. Namun, sebenarnya uban tidak jarang juga ditemukan pada orang-orang berusia muda seperti di bawah usia 30 tahun.

Rupanya, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli obat atau vitamin rambut. Sejumlah langkah sederhana ini rupanya dapat mencegah terjadinya uban.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Jumat (22/6/2018), berikut 5 langkah sederhana untuk mencegah tumbuh uban di kepala:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Gunakan Minyak Kelapa

Rambut Beruban
Ilustrasi Foto Rambut Putih dan Beruban (iStockphoto)

Minyak kelapa dapat digunakan untuk banyak kegunaan. Misalnya untuk memasak, pelembab kulit dan juga bagus untuk pertumbuhan rambut Anda.

Memijat rambut Anda dengan minyak kelapa secara teratur dapat membuat kulit kepala lebih sehat serta menghasilkan antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya uban.

Jadi, jika Anda ingin rambut yang indah, berkilau dan bebas dari uban, pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak kelapa secara teratur.

 

3 of 6

2. Sinar Matahari

Rambut Beruban
Ilustrasi Foto Rambut Putih dan Beruban (iStockphoto)

Selama ini Anda disarankan untuk tidak keluar rumah demi menghindari terik matahari, terutama pada siang hari. Padahal, matahari dapat membantu memperkuat rambut Anda dan dapat mencegah tumbuhnya uban.

Namun, ada waktu yang tepat umtuk itu semua. Matahari yang bagus terjadi pada pagi hari, sebelum jam 10.00. Kemudian yang berbahaya mulai dari jam 10 pagi hingga 16.00.

Sinar matahari kaya akan vitamin D, yang sangat penting bagi kesehatan, kulit, dan rambut kita. Folikel rambut memang mengandung vitamin D dan dengan demikian mendapatkan sinar matahari akan membantu Anda dan membantu mencegah rambut uban lebih awal.

 

4 of 6

3. Cukup Tidur

Rambut Beruban
Ilustrasi Foto Rambut Putih dan Beruban (iStockphoto)

Selain dapat mengundang berbagai macam penyakit, kurang tidur juga dapat membuat uban tumbuh lebih cepat, meski usia Anda masih terbilang muda.

Selain dapat mencegah tumbuhnya uban, tidur dengan durasi yang cukup dan bangun di pagi hari dapat membuat harimu jauh lebih baik.

 

5 of 6

4. Jangan Stres

Rambut Beruban
Ilustrasi Foto Rambut Putih dan Beruban (iStockphoto)

Stres dapat menyebabkan begitu banyak masalah kesehatan termasuk diabetes dan stroke. Masalah lain yang juga dapat ditimbulkan apabila stres adalah jerawat, garis-garis halus pada wajah dan keriput.

Tidak berhenti di situ saja, jika Anda terlalu stres hal itu bahkan bisa menyebabkan rambut beruban.

Inilah alasan mengapa sangat penting untuk menghilangkan stres. Luangkan waktu untuk diri sendiri, bersantai, pergi untuk spa, film, belanja, mendengarkan musik, mengunjungi restoran favorit Anda, bertemu teman dan lainnya.

 

6 of 6

5. Hindari Merokok

Ilustrasi Uban
Ilustrasi Uban (iStockphoto)​

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Rupanya, merokok juga dapat menyebabkan tekanan besar pada rambut Anda dan mengarah ke penuaan dini.

Jadi, jika Anda ingin terlihat muda, cantik atau tampan, dan tanpa rambut abu-abu maka Anda harus segera berhenti merokok.

Lanjutkan Membaca ↓