Sukses

Televisi hingga Layar Lebar, Jutaan Orang Tonton Donald Trump dan Kim Jong-un Bertemu

Dunia terpaku menyaksikan pertemuan pertama antara Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura pada Selasa 12 Juni 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan orang di seluruh dunia menyaksikan dengan kagum detik-detik pertemuan bersejarah antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

Dunia terpaku menyaksikan pertemuan pertama antara presiden AS dan kepala negara Korea Utara di Singapura pada Selasa 12 Juni 2018.

Ketika orang-orang berbaris di jalanan Singapura untuk melihat Donald Trump dan Kim Jong-un pada pertemuan di pagi hari, jutaan orang memilih menyaksikan momen bersejarah itu melalui televisi.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (12/6/2018), acara itu diikuti dengan seksama di seluruh penjuru dunia.

Di ibu kota Korea Selatan, Seoul, ribuan orang berkumpul di stasiun kereta api dan di berbagai lokasi untuk menyaksikan pemutaran tayangan KTT penting itu. Tepuk tangan spontan pecah saat Kim Jong-un dan Donald Trump melangkah keluar dan saling menyapa serta menjabat tangan dengan hangat.

Layar raksasa di gedung-gedung terkemuka di sekitar Seoul juga menyiarkan pertemuan tersebut. Banyak orang berhenti untuk menyaksikan momen tersebut.

Sebagian orang juga dilaporkan menggelar protes di Seoul. Para aktivis anti-perang berkumpul di luar kedutaan AS di sana, dan menyerukan perjanjian damai dan mengakhiri hampir 70 tahun permusuhan.

Kantor berita Yonhap Korea Selatan menunjukkan Presiden Moon Jae-in tersenyum saat Donald Trump dan Kim Jong-un berjabat tangan.

"KTT Korea Utara-AS kini telah dimulai," kata Yonhap mengutip Moon. "Saya kira perhatian semua orang saat ini mengarah ke Singapura."

"Saya tak bisa tidur semalam. Seperti semua orang di Korea, kami dengan tulus berharap bahwa itu akan menjadi puncak yang sukses dan membuka era baru denuklirisasi lengkap, perdamaian dan hubungan baru antara Korea Selatan, Korea Utara dan Amerika Serikat," sambung Moon.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Los Angeles Hingga Tokyo

Di area yang banyak dihuni warga Korea di Los Angeles, banyak yang berkumpul untuk menyaksikan pemutaran bersama KTT. Mereka bersorak dan bertepuk tangan ketika melihat gambar jabat tangan bersejarah keduanya di Singapura.

Koreatown di Los Angeles ini adalah salah satu konsentrasi terbesar warga Korea di AS. Banyak penduduk di sana menyatakan harapan mereka untuk hasil yang positif dalam KTT di Singapura.

Di pantai timur AS, orang-orang berkumpul di Times Square New York untuk menonton KTT antara Donald Trump dan Kim Jong-un di layar televisi.

Layar televisi di New York Times Square menayangkan pertemuan bersejarah Donald Trump di Singapura. (AFP)

Sementara di Tokyo, orang-orang bergegas memburu surat kabar edisi khusus yang meliput KTT ketika Jepang mengamati secara dekat gerakan Kim, yang di masa lalu telah mengirim rudal ke Jepang.

Koran edisi khusus yang memberitakan pertemuan bersejarah Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura. (Photo: AFP/Kazuhiro Nogi)

Pasar bursa di Jepang juga mengamati pertemuan pemimpin Korut dan Amerika itu di Singapura.

Pasar bursa Tokyo juga mengamati momen bersejarah pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura. (Photo: AFP/Kazuhiro Nogi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.