Sukses

Donald Trump Telepon Presiden Korsel dan PM Jepang Sebelum Bertemu Kim Jong-un, Ada Apa?

Sebelum bertemu dengan Kim Jong-un, Donald Trump dikabarkan menelpon Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Liputan6.com, Singapura - Sebelum melakukan pertemuan tatap muka dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menelepon Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Kabar mengenai hal tersebut disampaikan melalui sebuah siaran resmi yang dirilis oleh kantor Sekretariat Gedung Putih, dini hari tadi.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (12/6/2018), Presiden Donald Trump menelepon kedua pemimpin sekutu utama Negeri Paman Sam di Asia itu pada Senin malam, 11 Juni 2018.

Kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, Trump berdiskusi mengenai perkembangan terkini pada agenda pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Selain itu, mereka juga membahas komitmen kedua negara dalam melanjutkan koordinasi kerja sama terkait agenda pertemuan dengan Kim Jong-un.

Begitupun ketika menelepon Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Trump turut mengabarkan perkembangan terkini mengenai agenda bersejarah tersebut.

Presiden AS ke-45 itu juga memastikan pihaknya akan saling berkonsultasi dengan Negeri Matahari Terbit terkait apa pun hasil KTT Trump-Kim di Singapura.

Pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un berlangsung di Hotel Capella di Pulau Sentosa.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donald Trump dan Kim Jong-un Menuju Hotel Capella

Donald Trump dikabarkan telah berangkat terlebih dahulu dari Hotel Shangri-La menuju Hotel Capella di Pulau Sentosa --lokasi pertemuannya dengan Kim Jong-un-- sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Pada tayangan live stream di International Media Centre (IMC) KTT Korea Utara-AS, Singapura, terlihat kendaraan Limosin Trump meluncur dengan pengawalan ketat dari Kepolisian Singapura dan personel keamanan pribadi sang presiden.

Polisi Singapura juga memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan membarikade sejumlah persimpangan dan menahan laju kendaraan publik, demi membuka jalan bagi iring-iringan yang membawa Donald Trump.

Di sisi lain, konvoi yang membawa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berangkat dari Hotel St Regis sekitar pukul 08.14. Sama seperti Trump, iring-iringan tersebut meluncur dengan pengawalan ketat.

Terlihat dari live streaming di IMC, iring-iringan sang pemimpin Korut berangkat setelah konvoi Presiden Donald Trump tiba di kawasan Pulau Sentosa terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.