Sukses

India Sukses Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir

India berhasil tes rudal balistik jarak jauh yang mampu membawa hulu ledak nuklir, Agni-5.

Liputan6.com, New Delhi - India berhasil menguji coba Agni-5, rudal balistik jarak jauh yang mampu membawa hulu ledak nuklir dan menjangkau jarak 5.000 km.

Rudal itu diluncurkan dari pulau Dr Abdul Kalam di lepas pantai Odisha, Teluk Benggala pada Senin, 4 Juni 2018, pukul 09.48 pagi waktu setempat.

Uji coba itu menandai tes keenam dari program penyempurnaan rudal Agni-5. Demikian seperti dikutip dari NDTV, Senin (4/6/2018).

"Tes itu sukses ketika rudal menghantam sasarannya dengan akurasi tinggi," kata seorang pejabat India kepada kantor berita PTI.

Tidak seperti rudal lain yang telah dibuat oleh India, Agni-5 diklaim berteknologi paling maju dengan sistem navigasi dan kendali, hulu ledak, dan mesin roket yang lebih mumpuni, kata Defence Research and Development Organisation (DRDO) yang terafiliasi dengan pemerintah.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Canggih?

Defence Research and Development Organisation India (DRDO) menjelaskan, Agni-5 memiliki sistem navigasi Ring Laser Gyro berbasis Inertial Navigation System atau RINS dan sistem Micro Navigation System atau MINS.

Rudal Agni-5 juga memiliki piranti lunak yang responsif dan mampu menolerir malfungsi di tengah penerbangan.

Dengan tinggi 17 meter dan lebar dua meter, Agni-5 diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir berbobot 1,5 ton.

Rudal itu juga memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, umur simpan yang lebih lama, pemeliharaan yang lebih hemat biaya, dan mobilitas yang lebih mumpuni.

Saat ini, selain Agni-5, India memiliki varian rudal lain, meliputi; Agni-1 dengan jangkauan 700 km, Agni-2 dengan jangkauan 2.000 km, Agni-3 dan Agni-4 dengan jangkauan 2.500 km-3.500 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.