Sukses

NATO Gelar Latihan Militer untuk Tingkatkan Kesiapan Menghadapi Rusia

Setidaknya terdapat 18.000 pasukan yang terlibat dalam latihan militer NATO yang digelar sebagai persiapan menghadapi Rusia.

Liputan6.com, Warsawa - Sekitar 18.000 tentara dari 19 negara, yang kebanyakan anggota NATO, memulai latihan militer tahunan yang dipimpin Amerika Serikat pada hari Minggu waktu setempat.

Latihan yang mengambil tempat di Polandia dan sejumlah negara-negara Baltik itu diadakan demi meningkatkan kesiapan tempur di sisi timur aliansi (NATO) untuk menghadapi Rusia yang dinilai semakin percaya diri.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, Senin (4/6/2018), latihan bertajuk Saber Strike 8 yang akan berlangsung hingga 15 Juni, dimulai setelah terungkap bahwa Polandia tengah mempertimbangkan proposal untuk menyambut penempatan permanen pasukan Amerika Serikat di negara itu.

Proposal itu memicu kritik langsung dari Rusia. Kremlin bersikeras bahwa setiap penyebaran seperti itu "tidak akan menguntungkan keamanan dan stabilitas dengan cara apapun apapun di benua itu".

Amerika Serikat telah meningkatkan kehadirannya di sisi timur NATO, terutama Polandia, sejak pencaplokan Rusia atas Crimea dari Ukraina pada tahun 2014.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penempatan Pasukan AS Terbesar Sejak Perang Dingin

Militer Amerika Serikat diketahui mendirikan markas baru di Polandia pada Mei 2017 untuk mengomando sekitar 6.000 pasukannya di NATO dan operasi Pentagon di wilayah tersebut.

Langkah tersebut tercatat sebagai salah satu penempatan pasukan Amerika Serikat terbesar di Eropa sejak Perang Dingin dan dimaksudkan untuk meyakinkan sekutu paling timur NATO yang ketakutan dengan latihan militer Rusia dan aneksasi Crimea.

Selain itu, Amerika Serikat juga memimpin kelompok pertempuran multinasional NATO di Polandia. Adapun Jerman, Inggris, dan Kanada mengomando tiga titik lainnya, yakni di Estonia, Latvia, Lithuania, tempat di mana latihan Saber Strike 8 dilaksanakan.

Berbicara di Warsawa, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan, kelak dalam KTT NATO pada Juli mendatang, para pemimpin akan membuat keputusan tentang "penguatan, kesiapan dan mobilitas militer" pasukan di Eropa.

Sementara itu, hubungan pertahanan Washington dan Warsawa dilaporkan terus menguat seiring dengan penandatanganan kontrak USD 4,75 miliar pada bulan Maret untuk pembelian sistem anti-rudal Patriot buatan Amerika Serikat.

Di lain sisi, Moskow mengeluhkan tentang prospek penyebaran sistem anti-rudal Patriot di Polandia dan Rumania, yang dinilainya melanggar perjanjian persenjataan tahun 1987 dan berpotensi menyerang wilayahnya.

Pada bulan Februari, Lithuania menuding Rusia secara permanen mengerahkan rudal balistik Iskander ke wilayah kantong Kaliningrad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat

  • NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.
    NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.

    NATO