4 Kisah Ajaib 'Manusia Petir' yang Selamat dari Sambaran Halilintar

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 02 Jun 2018, 20:24 WIB
Ilustrasi penangkal petir (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Umur manusia adalah rahasia Sang Ilahi yang tak akan pernah bisa kita ketahui. Segalanya sudah digariskan mulai dari waktu dan cara kematiannya.

Bencana alam adalah salah satu faktor penyebab kematian manusia. Mulai dari banjir, tsunami, gempa bumi hingga tanah longsor. Namun, ada beberapa kisah tentang sejumlah orang yang selamat dari sambaran petir.

Kita semua tentu sudah tahu bahwa petir adalah momok menakutkan saat cuaca buruk sedang terjadi. Seketika petir bahkan bisa membunuh manusia.

Namun, beberapa orang ini malah selamat. Herannya bukan cuma sekali, namun mereka pernah selamat dari serangan petir hingga beberapa kali dan dijuluki sebagai manusia petir.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Sabtu (2/6/2018), berikut 4 kisah manusia petir yang berkali-kali selamat dari maut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 5

1. Jim Lamey

Petir
Ilustrasi Petir (AFP PHOTO / MOHAMMED ABED)

Pada tahun 2009, Jim Lamey sedang mandi di dalam rumahnya yang terletak di Pennsylvania, Amerika Serikat. Kala itu petir tiba-tiba menyambar dan mengguncang rumah.

Petir itu rupanya menyambar saluran pipa air sehingga membuat Jim Lamey yang sedang mandi kaget karena aliran petir mengenai dirinya.

Jim Lamey yang sedang berendam di dalam bak mandi tiba-tiba terlempar keluar dan jatuh ke lantai. Bagian kepalanya cedera dan dan menderita sejumlah luka.

Namun ia tetap selamat dari serangan petir dahsyat tersebut. Rupanya, kejadian ini bukan kali pertama. Ia juga pernah tersambar petir saat sedang mencuci piring. Kala itu, tiba-tiba petir juga masuk ke saluran air.

 

3 of 5

2. Alexander Mandon

Petir
Ilustrasi Petir (AFP PHOTO / HECTOR RETAMAL)

Tiga kali tersambar petir dan dua di antaranya terjadi di lokasi yang sama. Itulah yang dialami oleh Bob Edwards, seorang pria asal Amerika Serikat.

Pada tahun 2012, Bob Edwards tersambar petir saat tiba di sebuah restoran yang terletak di North Carolina.

Saat tersambar petir, ia harus merangkak agar dapat masuk ke dalam restoran. Beruntung ada seorang gadis kecil yang melihat dan memanggil ayahnya untuk meminta pertolongan.

Rupanya, ini bukan kejadian pertama yang dialami oleh Bob Edwards. Pada tahun 1997, ia pernah mengalami hal serupa di tempat yang sama.

Sementara itu kejadian yang satunya lagi terjadi pada tahun 2009 di South Carolina. Beruntung Bob Edwards selamat dan masih hidup dan dapat menjalankan aktivitas hingga saat ini.

 

4 of 5

3. Bill Cowern

Ilustrasi petir (iStock)
Ilustrasi petir (iStock)

Bill Cowern adalah seorang petani yang pertama kali disambar petir pada usia 12 tahun. Kala itu ia sedang berenang bersama teman-temannya dan ada melihat petir menyambar-nyambar.

Petir itu hanya berjarak sekitar 11 kilomater dari lokasi danau tempat ia dan teman-temannya berenang.

Karena mulai merasa khawatir, Bill Cowern dan teman-temannya memutuskan untuk pindah dari lokasi dan pulang ke rumah masing-masing. Dalam perjalanan pulang ia melintasi hutan pinus dan tiba-tiba disambar petir.

Bill Cowern bangun dengan rasa pusing dan masih tak sadarkan diri dengan apa yang telah menimpanya. Saat itu pula ada sebatang pohon pinus yang seakan-akan baru saja terbakar. Barulah ia tahu bahwa ia telah tersambar oleh petir.

Insiden tersambar petir untuk yang kedua kali terjadi saat usianya 35 tahun. Beruntung ia masih selamat dari marabahaya itu.

 

5 of 5

4. Walter Summerford

Ilustrasi petir (iStock)
Ilustrasi petir (iStock)

Salah satu kisah legendaris seputar orang-orang yang pernah tersambar petir adalah cerita nyata dari Walter Summerford.

Pertama kali ia tersambar petir pada tahun 1918. Ketika itu ia sedang menjabat sebagai mayor di Perang Dunia I. Sambaran petir kedua terjadi tahun 1924 dan yang ketiga pada 1930.

Pada saat itu sedang melintasi taman dan tersambar petir. Meski selamat, ia harus mengalami cacat tubuh. Walter Summerford lumpuh dan tak bisa berbuat apa-apa.

Dua tahun pasca-sambaran petir yang ketiga ia meninggal dunia. Namun, ini tak menghentikan sambaran petir lainya. Empat tahun setelah dikubur, makamnya ditemukan telah gosong oleh api.

Banyak yang mengira jika kuburannya juga tersambar petir. Jadi empat kali ia tersambar petir.

Lanjutkan Membaca ↓