Sukses

Larutan Soda Kue Bisa Bantu Sembuhkan Kanker? Ini Kata Ilmuwan

Soda kue disebut mampu mengelabui sel kanker, sehingga bisa disasar dengan mudah oleh obat kemoterapi.

Liputan6.com, Washington DC - Sebuah studi ilmiah terbaru menyebut soda kue (baking soda) dapat bantu kinerja obat dalam menyasar sel kanker secara lebih mudah, sehingga memberi peluang sembuh yang lebih cepat.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Cell itu, meminum larutan bubuk soda kue dapat memicu sel-sel di dalam tumor lebih aktif, sehingga lebih mudah bagi obat kemoterapi untuk membunuhnya.

Dikutip dari Daily Mail pada Jumat (1/6/2018), ketika tumor tumbuh lebih besar, maka ia memotong suplai darah sel di dalamnya, hingga kemudian membuatnya sulit terdeteksi oleh obat.

Soda kue disebut dapat mengelabui tumor yang bersembunyi ini untuk bertindak secara normal, dan kemudian langsung dijadikan sasaran bagi obat kemoterapi, yang menargetkan sel aktif.

Para ilmuwan AS di Ludwig Institute for Cancer Research berharap temuan mereka dapat membuka jalan bagi alternatif yang murah namun efektif untuk pengobatan kanker.

"Konsepnya sangat mudah. Ini bukan obat berharga US$ 100.000 per tahun. Ini benar-benar hanya soda kue," kata Dr Van Dang, penulis utama laporan ilmiah tersebut.

Studi ini mengamati tumor payudara dan kanker usus besar pada beberapa ekor tikus, dan kemudian memberikannya larutan soda kue. Hal itu kemudian menunjukkan peningkatan aktivitas sel pada tumor, yang sebelumnya terdeteksi pasif.

Pada tumor padat, sejumlah besar sel memiliki suplai oksigen terputus, yakni suatu kondisi yang disebut hipoksia, di mana berisiko menyebabkan tingkat pH menurun dan menjadi asam.

Ketika ini terjadi, sel-sel berhenti memproduksi protein yang berefek pada gangguan metabolisme dan jam tubuh, sehingga membuat sel tumor menjadi tidak aktif.

"Sel tidak ingin membuat protein atau biomolekul lainnya ketika mereka sedang stres," kata Dang.

"Mereka ingin memperlambat segalanya dan hanya terbangun ketika semuanya kembali normal."

Jika sel-sel yang tidak aktif ini bersifat kanker dan tidak terjangkau oleh pengobatan, sel-sel itu dapat kembali aktif setelah tumor asli diangkat, sehingga membuat kanker tumbuh lagi.

Namun, soda kue diakui bermanfaat untuk menetralkan asam. Ketika meminumnya, maka seseorang berkesempatan mengurangi keasaman tumor dan membawa sel-sel yang mati hidup kembali, untuk kemudian diserang habis-habisan oleh obat kemoterapi.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memicu Sensitivitas Tumor

Sementara itu, tim peneliti juga menemukan bahwa aktivasi sel T -- sejenis sel darah putih -- yang sangat penting bagi sebagian besar imunoterapi, dapat berkurang karena keasaman.

Dr Van Dang, direktur ilmiah dari Ludwig Institute for Cancer Research mengatakan: "Pada tumor yang dicangkokkan ke tikus, kami melihat aktivitas sel di berbagai titik yang memiliki jaringan oksigen."

"Namun ketika Anda menambahkan soda kue ke air minum para tikus, seketika seluruh tumor akan kembali aktif," lanjut Dr Dang menjelaskan.

Ditambahkan oleh Dr Dang, bahwa dengan membangkitkan kembali sel-sel ini, maka Anda bisa membuat tumor jauh lebih sensitif terhadap terapi.

Sebelumnya, soda kue telah diakui mampu tingkatkan imunoterapi kanker, di mana sistem kekebalan tubuh dengan sendirinya menyerang tumor.

Sayangnya, mekanisme di balik efek yang dilaporkan tersebut tidak jelas, sehingga tidak bisa sepenuhnya dsebut sebagai hasil penelitian sahih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.