Seekor Anak Anjing dan Kucing Diselamatkan dari Rumah Terbakar

Oleh Liputan6.com pada 30 Mei 2018, 11:31 WIB
Diperbarui 01 Jun 2018, 11:13 WIB
Petugas ambulans Jenny Chesters dan Shelley Pringle dengan Holden dan Chip yang berhasil diselamatkan (Queensland Ambulance Service)

Liputan6.com, Gold Coast - Seekor anak anjing dan kucing berhasil diselamatkan pekerja darurat setelah hampir mati dalam rumah yang terbakar.

Dikutip dari laman ABC Indonesia, Rabu (30/5/2018), seekor anjing ternak berusia tujuh bulan bernama Holden dan seekor kucing bernama Chip terjebak di sebuah dupleks yang terbakar di kawasan Gold Coast, Australia.

Petugas pemadam kebakaran menarik mereka dari api dalam keadaan tidak bergerak, kesulitan bernapas, tertutup jelaga hitam, dan menghirup asap.

Hewan-hewan itu diserahkan ke petugas Dinas Ambulans Queensland (QAS) yang kemudian bekerja menyelamatkan anjing dan kucing itu.

Paramedis QAS Jenny Chesters bekerja sebagai dokter hewan sebelum ia menjadi paramedis.

Keterampilan dan pelatihannya itu telah dibuktikannya dalam menyelamatkan Holden and Chip.

Petugas ambulans memberikan oksigen selama sekitar satu jam sampai kondisi hewan peliharaan ini sedikit membaik.

Anjing dan kucing berperilaku normal, mencari pelukan, pada saat mereka dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan.

QAS mengatakan, itu adalah kabar baik bagi pemilik yang rumahnya hangus terbakar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 2

Kasus Serupa

Ilustrasi anjing
Ilustrasi (iStock)

Seorang petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seekor kucing dari kepungan asap. Setelah memadamkan api di sebuah kebakaran yang terletak di Oregon City.

Dikabarkan dari TIME.com, para petugas menemukan dua kucing yang tidak sadarkan diri di lantai dua rumah tersebut. Berita ini dikabarkan dari Clackamas Fire District 1.

Para petugas membawa kedua kucing itu keluar. Mereka pun diselamatkan dengan menggunakan peralatan pertolongan khusus binatang peliharaan. Alat itu terbuat dari plastik, merupakan masker oksigen berbentuk kerucut yang membantu menyalurkan udara ke paru-paru para kucing itu.

Dua kucing itu pun selamat dan segera dibawa ke dokter hewan oleh anak pemilik rumah untuk diberi pertolongan lanjut.

Setiap departemen pemadam kebakaran dilengkapi dengan peralatan pertolongan dan masker untuk kucing dan anjing. Ini bukan pertama kalinya petugas menolong menyelamatkan satu dari sembilan nyawa seekor kucing. Pada bulan Maret 2015 ini, mereka sudah dua kali menyelamatkan kucing.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait