Asyik Selfie di Taj Mahal, 2 Turis Prancis Diserang Monyet

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 23 Mei 2018, 19:00 WIB
Ilustrasi Monyet (iStock)

Liputan6.com, Agra - Otoritas keamanan di India meminta para wisatawan untuk menghindari kawanan monyet yang berkeliaran di sejumlah tempat wisata. Hal tersebut diimbau setelah ada dua wisatawan asal Prancis yang diserang seekor monyet saat selfie di Taj Mahal.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (23/5/2018), dua orang turis itu mengalami luka yang cukup serius. Ada goresan dan bekas gigitan monyet di sejumlah tubuhnya.

Dalam sebuah video yang direkam oleh seorang saksi mata, terlihat dua turis Prancis berlarian dikejar sejumlah monyet tepat di depan Taj Mahal, Agra, India.

Seorang petugas kepolisian setempat, RV Panday mengatakan bahwa dua turis itu langsung diberikan pertolongan pertama pasca diserang monyet tersebut.

"Pada saat itu, mereka sedang selfie di depan Taj Mahal. Tiba-tiba ada sekelompok monyet yang menyerang mereka," ujar Panday.

Pihak berwenang di kawasan Taj Mahal sudah berupaya keras untuk mengusir sejumlah monyet, namun hewan-hewan itu masih saja berkeliaran dan berulah.

Oleh sebab itu, pihak keamanan di India menyarankan untuk menghindar apabila ada gerombolan monyet. Jangan beri mereka makanan karena primata itu akan terus meminta tambahan.

Tahun lalu, kejadian serupa pernah terjadi. Seorang turis terluka gara-gara mencoba merebut dompet miliknya yang dicuri oleh monyet.

India merupakan negara dengan populasi monyet mencapai 50 juta ekor. 10 ribu di antaranya diyakini berkeliaran di Agra.

Penelitian yang dilakukan oleh badan nasional menyebut, hampir 1.900 orang digigit oleh monyet di New Delhi pada tahun 2016.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 2

Bocah Diserang Monyet

Teror Monyet di Boyolali
Ilustrasi foto ekor monyet panjang yang melakukan penyerangan terhadap warga di Karanggede, Boyolali, Rabu (9/8).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara itu, hati-hati bila berkunjung atau bertamasya ke kebun binatang. Harus selalu siaga. Jika tidak, bisa seperti ini akibatnya.

Seorang bocah kecil diserang monyet saat asyik bertamasya di kebun binatang Ratlam, Madhya Pradesh, India. Akibatnya, bocah bernama Raghav itu mengalami luka parah karena digigit dan dicakar monyet yang tengah mengganas.

Saat itu Raghav sedang berjalan bersama ayahnya. Tiba-tiba seekor monyet datang menyerang si bocah. Bagian punggung anak kecil tersebut disergap monyet.

Sang ayah berusaha menyelamatkan anaknya. Ia mencoba menarik monyet yang tengah menjerat buah hatinya. Sempat terjadi aksi guling-gulingan antara si bocah, monyet, dan ayahnya.

Kemudian pawang monyet yang bertugas di kebun binatang itu datang menolong si ayah dan anaknya. Pawang memukul tubuh si monyet menggunakan bambu kuning. Hingga pada akhirnya, hewan primata itu kabur.

Saat berlari menjauh dari si bocah, si monyet sempat berhenti dan mengangkat rahangnya, seolah menantang kembali si pawang.

Sang bocah mengalami luka parah. Namun saat ini tidak diketahui bagaimana kondisinya. Demikian dikutip dari Daily Mail.

Di India, monyet kerap mengganggu kehidupan manusia. Banyak primata menghancurkan pertanian dengan mencuri beberapa buah yang sudah panen. Sehingga banyak orang dipekerjakan menjadi pawang monyet di Negeri Hindustan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait