Sukses

Kala Cita Rasa Kopi dan Pesona Batik RI Memikat Swedia

Untuk pertama kalinya promosi kopi dan batik diadakan KBRI Stockholm di Swedia.

Liputan6.com, Stockholm - Dalam rangka promosi kopi dan batik Indonesia di Swedia, KBRI Stockholm telah menggelar kegiatan bertema "The Colours of Indonesia" di Sheraton Hotel, Stockholm pada 14 Mei 2018. Acara promosi kopi dan batik ini menampilkan tiga kegiatan yaitu presentasi kopi spesial (specialty coffee), workshop batik dan fashion show batik.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Sabtu (19/5/2018), presentasi kopi spesial didahului oleh penampilan tari Kenes Gandhes dan pembukaan secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Swedia dan Latvia Bagas Hapsoro. Empat perusahaan kopi Indonesia melakukan presentasi tentang kopi-kopi unggulan tanah air yaitu Koperasi Klasik Beans, Dewaji Coffee, Sembilan Gunung dan Komunitas Kopi Nusantara.

Para undangan yang merupakan pengusaha dan komunitas kopi Swedia selanjutnya melakukan coffee cupping, mengevaluasi karakteristik dan cita rasa kopi yang disajikan oleh perusahaan Indonesia. Dengan seksama para undangan menghirup wangi kopi, menghirup aroma, menyendok kopi dan menyeruputnya sampai bunyi serta merasakan cita rasa kopi Indonesia sambil memberikan penilaian.

Para peserta coffee cupping Swedia menyatakan sangat tertarik dengan cita rasa kopi Indonesia dan dalam pertemuan business to business telah membicarakan berbagai kerjasama dengan perusahaan asal Indonesia.

Sementara Batik Workshop yang menampilkan warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity dibawakan oleh Galeri Batik Jawa mendapat sambutan yang luar biasa dari para undangan yang terdiri dari kalangan diplomatik dan kalangan fashion Swedia.

Galeri Batik Jawa selain mempresentasikan batik juga memberikan kesempatan bagi para undangan untuk mempraktekkan proses pembuatan batik dari mulai proses pewarnaan, pemberian malam (lilin) dan pelepasan lilin dari kain. Peserta yang langsung berpraktek membuat batik ini dengan cermat mengikuti tahapan-tahapan pembuatan batik pada kain.

Seluruh undangan sangat bangga atas hasil praktek pembuatan batik ini dan merupakan kenang-kenangan yang tidak akan terlupakan.

Workshop batik ini merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk memperkenalkan batik pada masyarakat dan komunitas fashion Swedia untuk menggali kerjasama dengan perusahaan-perusahaan industri fashion Swedia, selain itu untuk memperkenalkan Indonesia dengan warisan budayanya yang beragam untuk mendukung program "Wonderful Indonesia".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desain untuk Empat Musim di Swedia

Fashion Show Batik yang digelar oleh Galeri Batik Jawa menampilkan berbagai desain untuk empat musim di Swedia, dengan berbagai asesori yaitu syal, tas dan dompet.

Sebelum acara digelar ditayangkan video proses pembuatan batik indigo yang menggunakan tanaman indigofera tinctoria, dan dengan pewarnaan alami dari daun indigo, menghasilkan batik berwarna biru, yang disebut "Colour of the King" -- mengingat warna biru dipakai dalam pakaian raja-raja Jawa zaman dahulu.

Pada malam itu, Duta Besar RI mengenakan batik indigo saat menyambut para undangan Pemerintah Swedia, Duta Besar negara sahabat, dan asosiasi industri fashion Swedia.

Fashion Show Batik Indigo diperagakan 11 orang model dari masyarakat setempat mendapatkan apresiasi hangat dari hadirin. Jepretan dan rekaman kamera terus menerus menghiasi para model setiap kali mereka memperagakan koleksi Galeri Batik Jawa. Para hadirin menyatakan sangat tertarik dengan desain dan motif yang ditampilkan.

Menurut Duta Besar RI Bagas Hapsoro promosi kopi dan batik dengan tema "The Colours of Indonesia" merupakan inisiatif yang baru pertama kali diadakan di Swedia.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan ekspor kopi dan produk tekstil Indonesia ke Swedia semakin meningkat dan dengan demikian perusahaan Indonesia pun meningkatkan profit perusahaan dan juga mempromosikan wisata Indonesia".

Selain di kota Stockholm, kegiatan promosi Kopi dan Batik juga akan diadakan di kota Riga, Latvia pada tanggal 17 Mei 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini