Sukses

Puluhan Mahasiswa Asing Turut Meramaikan Pawai Asian Games 2018

Ribuan orang berpartisipasi dalam parade 100 hari menyambut Asian Games 2018 yang berlangsung di tengah-tengah kegiatan Car Free Day.

Liputan6.com, Jakarta - Parade 100 hari menyambut Asian Games 2018 berlangsung semarak di Jakarta pada hari ini. Agenda yang berlangsung di tengah-tengah Car Free Day itu diikuti oleh ribuan partisipan, termasuk beberapa di antaranya warga asing.

Dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pawai ini mengambil garis start di Monumen Nasional (Monas), lalu berlanjut memutari Jalan MH Thamrin via Sarinah, hingga finish di depan gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sunny, seorang warga negara Korea Selatan yang turut serta dalam pawai tersebut, mengatakan bahwa ia merasa antusias menyambut Asian Games 2018.

Wanita yang tengah menempuh studi sarjana di Universitas Negeri Jakarta itu datang untuk bergabung dengan barisan pelajar asing, yang berjalan mengikuti sekelompok model karnaval.

"Saya senang bisa segera menyaksikan Asian Games di Jakarta. Pasti ramai sekali nanti," ujar Sunny dengan Bahasa Indonesia yang lumayan fasih.

Antusiasme serupa juga ditujukan oleh Hilmi Saleh dan Safiya, dua pelajar asal Malaysia, yang mengaku menikmati semarak pawai pagi itu.

Sunny, Hilmi, dan Safiya merupakan tiga dari puluhan mahasiswa asing yang mendaftar sebagai liaison officer (petugas penghubung) pada perhelatan olahraga terbesar di Asia itu. Mereka dibagi sesuai dengan kemampuan bahasa yang disyaratkan, untuk kemudian bertugas mendampingi setiap kontingen dari para negara partisipan.

Pawai yang dimulai sejak sekitar pukul 07.00 WIB itu disambut dengan antusias oleh para warga. Mereka beramai-ramai mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel masing-masing dari tepian jalan yang dijaga oleh polisi. 

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September mendatang. 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijamin Berlangsung Aman

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK), mengatakan bahwa 100 ribu pasukan gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri bakal mengamankan perhelatan Asian Games 2018. Wapres berusia 75 tahun tersebut menjamin pesta olahraga terbesar di Asia tersebut akan aman.

"Polisi sudah mempersiapkan 100 ribu pasukan gabungan Polri dan TNI. Jadi jauh lebih banyak pengamanannya daripada atletnya," ujar JK dalam Parade Asian Games 2018 di Monas, Jakarta Pusat, pagi tadi.

JK menghadiri Parade Asian Games di Monas, bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Inasgoc, Erick Thohir. JK berharap, kegiatan ini dapat menyadari masyarakat terkait kian dekatnya penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Ini salah satu cara kegiatan yang memberikan kebahagiaan dan kesiapan, bahwa masyarakat Jakarta juga membantu mempromosikan Asian Games," kata JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.