Sukses

Diisukan Meninggal Dunia, 5 Selebritas Ini Pernah Jadi Korban Hoax

Pemberitaan bohong seputar meninggalnya sejumlah selebritas dunia bahkan pernah menjadi trending topik.

Liputan6.com, New York - Pemberitaan bohong atau hoax marak terjadi. Mulai dari isu politik hingga agama kerap diputar-balikan sehingga menimbulkan perpecahan dan kerusuhan di kalangan masyarakat.

Selain isu tersebut, pemberitaan bohong yang kerap menerpa panggung hiburan adalah kabar meninggalnya sejumlah selebritas dunia.

Rumor yang beredar mulai dari kecelakaan hingga sakit parah. Bahkan, berita selebritas yang diisukan meninggal dunia ini pernah menjadi trending topik dunia. Setelah dicari tahu, sumber pertama yang menyebarkan isu itu adalah sebuah akun bodong di media sosial.

Oleh sebabnya, masyarakat pun juga diminta untuk selalu mencari tahu sebuah informasi dari sumber yang sudah terpecaya.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Selasa (8/5/2018), berikut 5 selebritas dunia yang pernah diisukan meninggal dunia:

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ratu Elizabeth II

Tidaklah mengherankan jika Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris kerap diisukan meninggal berkali-kali. Sebab, usianya yang sudah sepuh membuat orang mudah percaya akan berita-berita tersebut.

Pada suatu ketika, kabar kematian Ratu Elizbeth II membuat orang heboh. Kabar kematiannya langsung menyebar begitu cepat. Kebohongan tersebut terjadi pada 29 Desember 2016, saat ratu sempat dilarikan ke rumah sakit. Dengan cepat, sebuah akun palsu langsung men-tweet bahwa ratu sudah meninggal.

Meski banyak yang percaya, ada sebagian orang yang meyakini jika itu hanyalah berita bohong yang sengaja disebarkan oleh akun palsu.

3 dari 6 halaman

2. Jon Bon Jovi

Desas-desus kematian penyanyi utama grup band Bon Jovi mulai beredar pada Desember 2011. Pengguna Twitter dan Facebook menyebarkan rumor tersebut dari sebuah blog abal-abal.

Namun, Jon Bon Jovi menanggapi berita palsu itu dengan humor yang baik. Kala itu ia memposting foto sambil memegang poster bertulis:

"Surga itu mirip dengan New Jersey."

Tanda itu ia tunjukkan sebagai informasi bahwa band-nya akan tampil dalam pertunjukkan di New Jersey. Bahkan Jon menambahkan tanggal konser guna memastikan semua orang bahwa ia baik-baik saja.

4 dari 6 halaman

3. Justin Bieber

Justin Bieber adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Kanada. Manajer Bieber saat ini, Scooter Braun pertama kali menemukan dia melalui situs pemutar video pada tahun 2007. Braun terkesan dengan videonya, dan menghubungi ibu Bieber, Pattie Mallete. Setelah itu, nama Justin Bieber menjadi besar hingga saat ini.

Sama seperti artis lainnya, Justin juga pernah diisukan meninggal dunia. Justin diberitakan meninggal akibat kecelakaan mobil saat mengendarai Lamborghini miliknya, Desember 2015.

Berita bohong ini pertama kali muncul di situs justin.bieber.swellserver yang kemudian terbukti hanya isapan jempol belaka.

5 dari 6 halaman

4. Kanye West

Kanye West adalah seorang produser rekaman dan rapper AS. Ia memiliki perusahaan rekaman GOOD Music. Kanye West dilahirkan di Atlanta, Georgia, di mana ia tinggal bersama kedua orangtuanya.

Pria kelahiran Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, 8 Juni 1977 juga suami dari Kim Kardashian.

Rumor kematian Kanye West sempat terjadi pada tahun 2009, saat tagar 'RIP Kanye West' menjadi topik perbincangan di media sosial.

Amber Rose, pacar Kanye saat itu langsung membantah klaim lewat akun Twitter-nya. "Topik RIPKanyeWest itu sangat tidak lucu dan itu tidaklah benar."

6 dari 6 halaman

5. Ricky Martin

Nama penyanyi asal Puerto Rico, Ricky Martin memang sudah lama tidak terdengar. Namun, pada tahun 2015, Ricky Martin dikabarkan telah meninggal dunia usai mengalami kecelakaan mobil.

Kabar ini semakin mencuat ketika muncul sebuah video yang berjudul Ricky Martin dead in tragic accident New Years day.

Tentunya hal ini dengan cepat menghebohkan internet. Terlebih lagi, video tersebut berisi seperti apa kejadian saat kecelakaan sedang berlangsung.

Mengetahui hal ini, banyak pihak yang akhirnya bertanya-tanya tentang kebenaran rumor kematian penyanyi asal Puerto Rico ini.

Tak kehilangan akal, akhirnya ia pun mengunggah sebuah foto yang berisi sindiran untuk rumor kematiannya. Di sanalah ia mengunggah foto pantai dan dirinya yang sedang menikmati panorama matahari terbenam yang sangat indah.

Bersamaan dengan diunggahnya foto tersebut, ia pun menuliskan caption, "#Sunset in #heaven." Tentunya dengan diunggah foto ini, Ricky sekaligus membantah rumor kematiannya yang menghebohkan internet gara-gara kecelakaan palsu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.