Sukses

5 Ramalan Kartun The Simpsons Ini Jadi Kenyataan

The Simpsons ditayangkan oleh FOX di Amerika Serikat, dan merupakan serial animasi terpanjang dalam sejarah AS.

Liputan6.com, New York - The Simpsons adalah serial kartun komedi Amerika Serikat yang diciptakan oleh Matt Groening. Serial ini pertama kali mulai ditayangkan pada tahun 1987.

Setiap episode The Simpsons berfokus pada kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie tinggal di sebuah kota bernama Springfield.

Keluarga Simpsons ini memiliki lebih dari 300 tokoh-tokoh pendukung yang juga cukup dikenal para penonton.

Saat ini, The Simpsons ditayangkan oleh FOX di Amerika Serikat, dan merupakan serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat. The Simpsons sudah menjajaki musim ke-25 pada tahun 2014.

Namun, bukan hanya kisahnya saja yang menarik untuk diikuti, sejumlah penggalan adegan-adegan ataupun tema yang diangkat oleh serial itu ada yang jadi kenyataan. Terjadi di kehidupan manusia.

Sejumlah prediksinya benar, bahkan detail-detail kejadian terbukti sama. Hal ini lantas membuat orang bertanya-tanya, mengapa The Simpsons bisa melakukan hal ini.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Selasa (8/5/2018), berikut 5 prediksi dalam kartun The Simpsons yang jadi kenyataan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Prediksi Kemenangan Donald Trump

18 tahun lalu, sebuah episode dalam The Simpsons pernah 'meramalkan' bahwa di masa depan Donald Trump jadi presiden AS.

Judul episode itu adalah 'Bart to the Future'. Sang penulis mengatakan, ia sengaja membuat edisi itu karena sejalan dengan visi AS yang menurutnya makin gila.

"Memang sengaja saya buat karena merupakan peringatan kepada AS. Sebuah fanatasi masa depan yang mengerikan kalau Donald Trump jadi presiden," kata Dan Greaney.

"Ini sejalan dengan logika. Saya pilih itu karena sesuai visi bahwa warga AS bakal lebih gila lagi," lanjutnya lagi.

Episode itu diputar tepat 18 tahun lalu pada 19 Maret 2000. Bart diperlihatkan masa depannya yang kelam -- makan permen dan minum bir dengan perut buncit. Sementara Lisa, sang adik menjadi Presiden AS menggantikan Trump.

3 dari 6 halaman

2. Apple Watches

Pada tahun 1995, dalam episode "Lisa's Wedding", serial The Simpsons kembali melihat masa depan dengan menampilkan benda berteknologi tinggi.

Dalam episode itu, tunangan Lisa menggunakan jam tangan yang konon mirip dengan apa yang akhirnya kita kenal dengan Apple Watch.

The Simpsons menunjukkan bahwa jam tangan tersebut bisa digunakan sebagai alat komunikasi untuk menelepon -- seperti halnya telepon genggam.

Kini, teknologi yang ditampilkan pada tahun 1995 tersebut sudah ada di zaman sekarang.

4 dari 6 halaman

3. Virus Ebola

Virus Ebola pernah menjadi pemberitaan dunia karena telah memakan banyak korban di benua Afrika. Kasus ini kemudian dikaitkan dengan salah satu episode The Simpsons tahun 1997.

Istri Homer, yaitu Marge Simpson terlihat sedang memegang sebuah buku berjudul Curious George and the Ebola Virus.

Pada sampul buku terlihat seseorang yang diyakini bernama George meninggal dunia akibat serangan virus ebola yang ia derita.

Pada tahun 2014, Ebola membuat ketakutan dan kepanikan banyak orang. Virus ini pertama kali ditemukan tahun 1976 di Republik Demokratik Kongo.

5 dari 6 halaman

4. Mesin Voting yang Rusak

Sebuah episode tahun 2008 menunjukkan kejadian aneh yang dilakukan oleh seorang karakter The Simpsons. Saat itu, Homer mencoba memilih Barack Obama saat voting pemilihan presiden.

Saat suara dimasukkan, bukannya kepada Barack Obama melainkan suara masuk pada John McCain.

Kejadian ini lantas terjadi tahun 2012. Sebagian orang mengalami insiden yang sama pada pemilu tahun tersebut. Saat mereka memasukkan suara kepada Barack Obama, malah voting masuk untuk Mitt Romney.

6 dari 6 halaman

5. Tragedi 9/11

Peristiwa hancurnya gedung kembar World Trade Center di New York, Amerika Serikat juga masuk dalam daftar prediksi serial The Simpsons.

Dalam kejadian ini, ribuan orang dilaporkan meningga dunia. Serangan sejumlah pesawat yang menabrakan armadanya ke bagian gedung ini seketika memorak-porandakan New York.

Dalam episode New York City Against Homer, terdapat sebuah poster yang bertuliskan New York dengan angka 9.

Gedung kembar WTC itu tampak membentuk angka 11. Seakan-akan ada peristiwa besar yang nantinya akan terjadi pada tanggal 9 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.