Sukses

Kuala Lumpur-Singapura Jadi Rute Penerbangan Internasional Tersibuk di Dunia

Terdapat 30.537 perjalanan antar Kuala Lumpur-Singapura selama periode Maret 2017-Februari 2018.

Liputan6.com, Singapura - Penerbangan yang menghubungkan Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia, merupakan rute internasional tersibuk di dunia.

Seperti dilansir BBC, Jumat (4/5/2018), perusahaan analisis penerbangan OAG menyebutkan, terjadi 30.537 perjalanan antar dua bandara selama periode Maret 2017-Februari 2018. Itu berarti rata-rata per hari terdapat 84 penerbangan di rute ini.

Kesibukan rute Singapura dan Kuala Lumpur melampau rute Hong Kong-Taipei dalam daftar yang didominasi oleh destinasi Asia. Sementara itu, dikutip dari situs resmi OAG, rute Jakarta-Singapura berada pada urutan ketiga dengan jumlah penerbangan 27.304.

Waktu tempuh penerbangan antara Singapura dan Kuala Lumpur sekitar satu jam, dan ada rencana untuk membangun rel kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan kedua negara.

Rute penerbangan Singapura-Kuala Lumpur dioperasikan oleh sejumlah operator berbujet rendah seperti Scoot, Jetstar, Air Asia, dan Malindo Air serta tentu saja dua maskapai utama masing-masing negara, Singapore Airlines dan Malaysia Airlines.

Laporan OAG juga menunjukkan, rute internasional tersibuk di luar Asia adalah antar bandara LaGuardia di New York, Amerika Serikat dan Toronto Pearson, di Toronto, Kanada. Terdapat 16.956 penerbangan selama satu tahun terakhir.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Penumpang

Dalam hal jumlah penumpang, rute penerbangan antara Hong Kong-Taipei tetap menjadi yang tersibuk dengan 6,5 juta penumpang pada periode Maret 2017-Februari 2018.

Dan yang tersibuk kedua adalah Jakarta-Singapura dengan 4,6 juta penumpang. Peringkat ketiga diduduki oleh Hong Kong-Shanghai Pudong dengan 3,8 juta penumpang.

Namun, fakta mengejutkan terungkap melalui data OAG, yakni rute internasional tersibuk dikalahkan oleh rute domestik terpopuler. Yang dimaksud adalah rute penerbangan Seoul-Jeju Island.

Menurut OAG, terdapat sekitar 65.000 penerbangan antar keduanya pada tahun 2017. Itu berarti, setiap harinya berlangsung 180 penerbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia