Sukses

Tiga Warga AS yang Ditahan Korea Utara Akan Segera Dibebaskan?

Ketiga warga negara Amerika Serikat yang ditahan adalah Kim Dong Chul, Kim Sang-duk, dan Kim Hak Song.

Liputan6.com, Washington, DC - Jelang pertemuan Donald Trump dengan Kim Jong-un, tumbuh harapan bahwa Korea Utara akan membebaskan tiga warga negara Amerika Serikat yang ditahan Pyongyang.

Rudy Giuliani, yang bulan lalu bergabung dengan tim hukum Donald Trump mengatakan kepada Fox News Channel bahwa Korea Utara akan membebaskan ketiga tahanan tersebut pada Kamis pagi.

Tidak jelas apakah Giuliani yang juga mantan wali kota New York City, memiliki jangkauan langsung terkait negosiasi seputar masalah ini.

Para pejabat pemerintahan Donald Trump telah mendesak Korea Utara untuk membebaskan warga negara Amerika Serikat demi menunjukkan itikad baik jelang pertemuan Donald Trump dengan Kim Jong-un. Keduanya akan bertatap muka pada akhir Mei atau awal Juni.

Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders mengatakan bahwa ia tidak bisa mengonfirmasi rincian soal pembebasan tersebut. Namun, ia mengatakan, Washington "sangat optimistis" tentang pembicaraan yang tengah berlangsung dengan Pyongyang.

"Tentu saja, itu akan menjadi langkah yang luar biasa dan tentu saja sebuah niat baik menuju pertemuan puncak...," ujar Sanders seperti dikutip dari ABC News, Jumat (4/5/2018).

Ia menambahkan, "Saya tidak bisa berkomentar lebih jauh soal ini."

Ketiga warga negara Amerika Serikat yang ditahan adalah misionaris Korea-Amerika Serikat Kim Dong Chul, pengajar di Pyongyang University of Science and Technology (PUST), Kim Sang-duk, dan Kim Hak Song, yang juga mengajar di PUST.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump: Akan Ada Pengumuman Baik

Sejauh ini, Donald Trump tidak menyinggung soal pembebasan warga negara Amerika Serikat yang ditahan Korea Utara.

"Negara kita berjalan dengan sangat baik. Anda akan segera mendengar sejumlah pengumuman yang sangat baik," terang Donald Trump dalam acara Doa Nasional di Gedung Putih.

Namun, pada Rabu malam (waktu setempat), Donald Trump mentwit, "Seperti yang semua orang sadari, pemerintah sebelumnya telah lama meminta tiga sandera dibebaskan dari kamp kerja paksa Korea Utara, tapi tidak berhasil. Pantau terus!"

Laporan yang diungkap seorang pejabat Washington menyebutkan bahwa ketiga tahanan Amerika Serikat tersebut baru-baru ini telah dipindahkan dari kamp kerja paksa ke sebuah hotel di dekat Pyongyang.

Sementara itu, CNN yang mengutip sebuah sumber menyatakan bahwa pembebasan tahanan sudah dekat. Menurut media itu, gagasan pembebasan tiga warga negara Amerika Serikat dilontarkan menteri luar negeri Korea Utara saat melawat ke Swedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.