Sukses

RI Berpotensi Masuk Daftar Negara Blok Perdagangan Pasific Alliance

RI disebut-sebut berpotensi masuk ke blok perdagangan yang bertujuan menciptakan sebuah kawasan terintegrasi untuk pergerakan barang dan jasa, modal, serta manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berpotensi jadi anggota blok perdagangan Pacific Alliance. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Jose Renato Salazar.

Blok perdagangan Pacific Alliance terdiri dari empat negara Amerika Latin, yakni Kolombia, Meksiko, Peru dan Chile.

Saat ini, lima negara yakni Kanada, Australia, Singapura, Selandia Baru dan akan menyusul Korea Selatan, tertarik untuk menjadi anggota dari member Pacific Alliance.

"Ekonomi Amerika Latin cukup dinamis, jadi kalau anda ingin berbisnis, Pacific Alliance adalah mitra yang tepat," kata Jose kepada awak media saat ditemui dalam acara Pacific Day di Kedutaan Besar Kolombia, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Negara anggota blok perdagangan ini memiliki cadangan energi dan sumber daya alam yang menjanjikan.

"Indonesia saat ini telah memiliki perjanjian ekonomi dengan Chile, dan sekarang sedang dalam tahap negosiasi dengan Peru. Indonesia berada dalam posisi bagus untuk menjadi associate member kami pada masa depan," ujar dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Kuasa Usaha Kedutaan Besar Chile, Roberto Plaza mengatakan perjanjian ekonomi yang dimiliki Indonesia dan Chile saat ini.

Ia juga berpendapat bahwa sangat mungkin membuka peluang ekonomi dengan sesama negara anggota blok perdagangan Pacific Alliance.

Blok perdagangan ini bertujuan menciptakan sebuah kawasan terintegrasi untuk pergerakan barang dan jasa, modal, serta manusia. Pacific Alliance telah berhasil menghapuskan 92 tarif perdagangan antar empat negara anggotanya.

 

 

Reporter: Farah Fuadona

Sumber: Merdeka.com

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.