Pria Misterius Bersenjata Pisau Kertas Menyusup ke Kantor Gubernur Melbourne

Oleh Tanti Yulianingsih pada 24 Apr 2018, 14:30 WIB
Ilustrasi pria misterius bersenjata pisau di gedung pemerintah Melbourne, Australia. (iStock)

Liputan6.com, Melbourne - Seorang penyusup bersenjata sekotak cutter atau pisau pemotong kertas ditangkap petugas di area gedung Kantor Pemerintah Melbourne, Australia.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (24/4/2018), beruntung tak ada orang saat penyusup ditangkap. Gubernur Victoria Linda Dessau tengah berada di rumah ketika petugas keamanan menangkap pria misterius itu sekitar pukul 03.00 pagi.

Petugas kemudian menghubungi polisi dan menyerahkan pria tersebut.

Sejauh ini penyusup diidentifikasi berusia 40 tahun. Ia didakwa melakukan pelanggaran namun sudah dibebaskan dengan jaminan.

"Seorang pria dari Capel Sound yang berusia 40 tahun dituduh melakukan pelanggaran setelah ditemukan berada di halaman Kantor Pemerintah tanpa izin pada Senin 23 April pagi," ujar seorang juru bicara kepolisian Victoria kepada Daily Mail Australia. 

Pria Australia yang identitasnya masih dirahasiakan itu akan menghadiri sidang di Pengadilan Tinggi Melbourne pada 31 Juli.

Sejauh ini kantor gubernur negara bagian di Australia itu menolak berkomentar terkait insiden tersebut.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 of 2

Gedung Putih Disusupi

Gedung Putih (White House)
Gedung Putih (White House)

Selain di Australia, penyusupan juga pernah terjadi di Gedung Putih, Amerika Serikat.

Insiden yang terjadi pada Minggu, 19 November 2017 pukul 08.00 waktu setempat tersebut bukanlah yang kali pertama. Sudah ada beberapa kejadian serupa yang juga dapat digagalkan.

Kendati demikian aksi seorang pria yang hendak melompati pagar di halaman Gedung Putih berhasil digagalkan oleh pasukan Secret Service.

Dilansir dari laman UPI, Selasa 21 November 2017, pria yang tak disebutkan namanya itu berhasil ditahan oleh petugas.

"Seorang pria berhasil diamankan setelah kedapatan ingin menyusup masuk ke area dalam Gedung Putih. Ia nekat melompati pagar," tulis Twitter pribadi milik Gedung Putih @WhiteHouse.

Beberapa hari belakangan, kawasan tersebut sempat tertutup untuk pejalan kaki. Identitas pelaku pun tak diungkapkan oleh Secret Service.

Saat kejadian berlangsung, Presiden Donald Trump dilaporkan tengah berada dalam Gedung Putih.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada Oktober 2014. Kala itu, bukan tim Secret Service yang menggagalkan upaya penyusupan, melainkan seekor anjing.

Seorang pria berusaha menyusup ke Gedung Putih Amerika Serikat pada malam itu. Aksinya berhasil digagalkan anjing milik Secret Service. Pelakunya tak berkutik setelah diserang kawanan hewan penjaga tersebut.

"Anjing-anjing itu menyerang si penyusup," kata juru bicara Secret Service Amerika Serikat, Edwin Donovan.

Edwin mengidentifikasi penyusup sebagai Dominic Adesanya, pria berusia 23 tahun dari Bel Air, Maryland. Ketika ditangkap, Dominic sama sekali tidak bersenjata.

"Individu langsung dibawa ke ruang tahanan di halaman Utara Gedung Putih oleh Secret Service berseragam, tim Division K-9, dan Division Officers," ucap Donovan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by