Sukses

Perusahaan Optimistis Pemerintah Australia Akan Legalkan Ganja untuk Medis

Firma ganja terbesar di dunia optimistis, Australia akan segera melegalkan ganja untuk orang dewasa demi kepentingan medis dan rekreasional.

Liputan6.com, Canberra - Salah satu perusahaan ganja terbesar di dunia optimistis bahwa pemerintah Australia akan segera melegalkan penggunaan ganja untuk orang dewasa demi kepentingan medis dan rekreasional.

Optimisme itu muncul di tengah perdebatan politik baru tentang reformasi undang-undang legalisasi ganja yang sedang diusulkan pemerintah dan parlemen.

Canopy Growth Corporation, sebuah perusahaan terbuka Kanada senilai 5,6 miliar dolar telah mengantongi hak paten Australia untuk berbagai produk ganja.

Salah satunya, merek global "Tweed-feel free", yang berfokus pada produk ganja untuk kepentingan medis dan rekreasional -- seperti penggunaannya di Amsterdam atau beberapa negara lain yang telah memiliki kebijakan legalisasi kanabis. Demikian seperti dikutip dari ABC Australia, Selasa (24/4/2018).

Perusahaan tersebut juga telah menyewa perusahaan pelobi dan penelitian politik Crosby Textor untuk membantu dalam diskusi dengan pemerintah federal dan negara bagian di sini mengikuti keputusan Australia pada 2016 untuk melegalkan ganja untuk penggunaan obat.

Investigasi Four Corners ke dalam industri ganja medis yang booming di Australia mengungkap para pemain utama optimistis tentang legalisasi ganja rekreasional di Australia.

Ganja medis telah legal di Kanada sejak 2001 dan penggunaan ganja rekreasional akan dilegalkan untuk orang dewasa pada awal Agustus.

Bruce Linton adalah pendiri Canopy Growth Corporation, salah satu perusahaan ganja terbesar di Kanada.

Harapannya untuk pasar Australia tinggi.

Linton mengatakan pandangan Canopy adalah sekali suatu negara memungkinkan ganja obat, tidak dapat dihindari legalisasi penggunaan rekreasional akan mengikuti.

"Setiap negara yang legal secara federal, kami pikir suatu saat akan mulai dengan medis," kata Linton.

Dukungan Legalisasi Ganja Meningkat di Australia

Survei Rumah Tangga Strategi Obat Nasional 2016 menemukan ganja adalah obat ilegal yang paling sering digunakan dan telah digunakan oleh 10,4 persen orang dalam 12 bulan sebelumnya.

Ditemukan, 35 persen warga Australia mendukung legalisasi ganja, naik dari 26 persen pada tahun 2013.

"Toleransi masyarakat telah meningkat untuk penggunaan kanabis, dengan proporsi orang yang lebih tinggi mendukung legalisasi dan proporsi yang lebih rendah mendukung hukuman untuk penjualan dan pasokan," sebut laporan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Australia.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Lebih Liberal?

Analis industri ganja, Matthijs Smith, yang bank investasinya, Canaccord Genuity, memegang saham di salah satu perusahaan ganja medis terbesar di Australia, Cann Group, mencatat pergeseran ini telah terjadi di beberapa negara.

"Sangat menarik bahwa sejumlah yurisdiksi, seperti Kanada, Uruguay, dan negara bagian di AS, begitu mereka telah membuat ganja tersedia untuk tujuan medis, dan mereka telah melihat bahwa itu tidak mengakibatkan kerusakan menyeluruh pada masyarakat, telah menjadi jauh lebih liberal dan memikirkan untuk membuka bagi penggunaan rekreasi," kata Smith.

Seorang pendiri industri ganja Australia, pemodal ventura Ross Smith, mengatakan kepada Four Corners: "Tidak ada pertanyaan dalam pikiran saya bahwa ganja medis adalah kuda Troya untuk ganja rekreasional dan saya tidak percaya itu adalah hal yang buruk."

Penggunaan rekreasional legal di delapan negara bagian AS dan District of Columbia.

Di Selandia Baru, Perdana Menteri Jacinda Ardern berjanji akan mengadakan referendum tentang legalisasi ganja rekreasi sebelum pemilihan nasional berikutnya pada 2021.

Ketika ditanya apakah ia memiliki pandangan tentang melegalkan penggunaan ganja rekreasi, Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan kepada Four Corners: "Ini bukan sesuatu yang diusulkan oleh Persemakmuran (pemerintah federal) tetapi itu adalah masalah bagi masing-masing negara bagian di bawah konstitusi."

Pekan lalu, Hunt mencela kebijakan untuk melegalkan ganja rekreasional yang diumumkan oleh pemimpin Partai Hijau, Richard Di Natale.

Senator Di Natale telah mengusulkan mengatur penjualan dan penggunaan ganja bagi orang dewasa di Australia, yang katanya akan menaikkan ratusan juta dolar pajak.

Hunt mengecam kebijakan itu sebagai "budak terbuka bagi obat yang sangat adiktif dan berbahaya".

Bulan lalu, komite parlemen merekomendasikan agar pemerintah negara bagian Victoria membentuk dewan penasihat untuk mempertimbangkan berbagai masalah kebijakan narkoba.

Dikatakan dewan harus "menyelidiki perkembangan internasional dalam pasokan ganja yang diatur untuk penggunaan dewasa, dan memberi tahu pemerintah Victoria tentang hasil kebijakan di berbagai bidang seperti tingkat prevalensi, keselamatan publik, dan mengurangi skala dan cakupan pasar obat terlarang".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.