Salon di Brasil Gelar Kursus Merias Wajah untuk Perempuan Tunanetra

Oleh Liputan6.com pada 21 Apr 2018, 14:01 WIB
Diperbarui 21 Apr 2018, 14:01 WIB
Ilustrasi Make Up
Perbesar
Ilustrasi Make Up (iStockphoto)

Liputan6.com, Sau Paulo - Sebuah salon kecantikan di Sau Paulo, Brasil, menyelenggarakan kursus teknik bersolek dan merias bagi sejumlah perempuan penyandang tunanetra.

Tujuannya mulia, demi menumbuhkan rasa percaya diri para kaum hawa difabel itu.

Para perempuan tunanetra itu belajar beragam teknik rias untuk dirinya sendiri, seperti menyapukan maskara, eye-liner dan merapikan bulu mata.

Mereka bahkan belajar bagaimana memakai bulu mata palsu. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (21/4/2018).

"Orang-orang mengatakan mengapa kamu merias wajah jika kamu tidak bisa melihatnya. Namun saya sangat bahagia karena saya bisa melakukannya dengan percaya diri," kata Ana Paula de Camargo, seorang ibu rumah tangga berusia 20 tahun, sembari meminta seorang instruktur untuk memfoto dia.

Kursus rias gratis itu diadakan di asosiasi Laramara untuk tunanetra di bagian barat Sao Paulo diberikan oleh Jacques Janine salon.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Menghilangkan Ketakutan

Ilustrasi Make Up
Perbesar
Ilustrasi Make Up (iStockphoto)

Kursus ini bertujuan membantu para perempuan mengatasi kesulitan-kesulitan ketika merias wajah.

Titik-titik Braille pada kemasan kosmetik membantu mereka memilih warna dan kuas-kuas yang mereka butuhkan.

"Bisa merias wajah secara mandiri tanpa bantuan orang lain dan menghilangkan ketakutan melakukan kesalahan rasanya menyenangkan," kata Alexandra da Silva, 47 tahun, sembari memoleskan lipstik berwarna lembayung pada sepasang bibirnya.

"Siapa bilang saya tidak bisa melihat wajah saya?. Mungkin tidak seperti orang lain. Tapi saya membayangkan wajah saya dan saya percaya, saya cantik," kata Maria Mirian Callange, seorang praktisi akupuntur berusia 44 tahun.

"(Setelah belajar) Sekarang saya bisa makin cantik."

Lanjutkan Membaca ↓