Lalat Jantan Ini Gunakan Alkohol untuk Mendapatkan Ejakulasi Lebih Lama

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 21 Apr 2018, 08:24 WIB
Diperbarui 23 Apr 2018, 08:13 WIB
Lalat Jadi Petunjuk Polisi Perkirakan Waktu Kematian Korban

Liputan6.com, Tel Aviv - Para ilmuwan di ranah ilmu zoologi menemukan fakta bahwa seks -- khususnya ejakulasi -- adalah pengalaman yang menyenangkan bagi lalat buah jantan.

Menariknya, ketika hasrat seksual tidak tercapai, lalat buah jantan memilih mendekati cairan alkohol untuk membuatnya terangsang.

Dikutip dari Independent.co.uk pada Jumat (20/4/2018), penelitian unik ini tidak hanya menunjukkan bahwa kenikmatan ejakulasi menjadi fenomena yang cukup universal, namun juga bisa digunakan untuk memahami kecanduan biologis pada hewan.

"Kami ingin tahu bagian mana dari proses hubungan seksual yang memerlukan pemicu khusus pada lalat," kata Dr Galit Shohat-Ophir dari Universitas Bar-Ilan di Israel, yang turut menulis penelitian tersebut.

"Tindakan yang dilakukan pejantan saat bermadu kasih? Langkah terakhir dari perkawinan yang merupakan pelepasan sperma dan cairan mani?" lanjutnya mengajukan pertanyaan.

Untuk menentukan apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh seekor lalat buah jantan dalam meraih 'kesenangan biologis', para ilmuwan menggunakan metode alat yang disebut "optogenetik".

Alat ini memungkinkan para peneliti untuk melakukan rekayasa genetika dengan sel otak lalat, yang pada dasarnya dapat dihidupkan dan dimatikan menggunakan cahaya.

Dr Shohat-Ophir dan rekan-rekannya membuat sel-sel otak pada lalat buah menghasilkan zat kimia bernama corazonin (CRZ), yang dapat dinyalakan ketika lalat menemukan cahaya merah.

Para peneliti kemudian menempatkan lalat buah jantan yang telah dimodifikasi ke dalam sebuah arena, yang setengahnya bermandikan cahaya merah.

Pelacakan gerakan lalat mengungkap pejantan lebih suka menghabiskan waktu di area bawah lampu merah, guna mendapatkan ejakulasi.

Dalam melakukan ini, para ilmuwan menghapus capaian ejakulasi dari hubungan seks, dan menemukan bahwa lalat jantan menikmati ejakulasi yang dibangunnya seorang diri.

Kenikmatan seksual itu mendorong lalat buah jantan terjaga lebih lama dari biasanya, sehingga membuat gerak terbangnya semakin aktif. 

 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

2 of 2

Mendekati Aroma Alkohol untuk Mencari Alternatif Ejakulas

Minuman Beralkohol Vodka
Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)

Untuk mengkonfirmasi hasil yang dijabarkan sebelumnya, lalat buah jantan kemudian dilatih untuk mengasosiasikan ejakulasi yang diinduksi cahaya merah dengan bau tertentu.

Mereka kemudian diuji ulang untuk melihat apakah lebih menyukai bau yang terkait dengan ejakulasi atau tidak.

Bagian selanjutnya, melibatkan pengujian bagaimana ejakulasi memengaruhi keinginan lalat buah jantan untuk mendekati aroma alkohol.

"Hubungan seks yang sukses secara alami bermanfaat bagi lalat jantan dan meningkatkan tingkat peptida kecil di otak yang disebut neuropeptide F," kata Dr Shohat-Ophir.

Lalat-lalat yang telah mengalami ejakulasi selama beberapa hari, cenderung memiliki kondisi otak penuh dengan neuropeptide, sehingga membuatnya enggan mendekati alkohol.

Hal itu dikarenakan neuropeptide dapat bereaksi kuat dengan alkohol, yang menyebabkan hilangnya konsentrasi otak.

Sebaliknya, lalat yang belum mengalami ejakulasi selama berhari-hari justru memilih alkohol untuk mendapatkan senyawa serupa neuropeptide.

"Lalat jantan yang momen seksualnya dirampas, cenderung mendekati alkohol untuk meraih alternatif ejakulasi," kata Dr Shohat-Ophir, seraya menyebut penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Current Biology.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait