Sukses

Berkat Video Viral, Pria India yang Hilang 40 Tahun Ditemukan Keluarga

Video yang viral di situs berbagi video ini telah membantu melacak keberadaan Ghambir, pria India yang hilang sejak 1978.

Liputan6.com, Mumbai - Seorang pria India yang hilang selama 40 tahun dipersatukan kembali dengan keluarganya berkat video yang diunggah di salah satu situs berbagi video ternama. Video yang menayangkan rekaman saat dia menyanyi lagu film Hindi populer itu kemudian viral.

Menurut laporan media India beredar, seperti dikutip dari Asia One, Jumat (20/4/2018), Khomdram Gambhir Singh berusia 26 tahun ketika pada tahun 1978 meninggalkan rumahnya di Imphal, Manipur yang terpencil. Sejak saat itu ia tak pernah kembali.

Selama empat dekade keluarganya tak mendapat kabar, sampai akhirnya sebuah klip yang menunjukkan pria berjanggut abu-abu menyanyikan lagu Bollywood di sebuah jalan di Mumbai -- yang berjarak 3.300 kilometer dari Imphal -- muncul secara online.

Dalam rekaman yang beredar, disebutkan bahwa si penyanyi India itu mengidentifikasi dirinya sebagai Khomdram Singh dari Manipur.

Seseorang yang menonton video tersebut kemudian melapor ke asosiasi lokal di Imphal, kemudian memberi tahu keluarga Gambhir. Mereka lalu mengenalinya sebagai kerabat yang hilang sejak lama.

Keluarga Khomdram Gambhir Singh pun menghubungi polisi Imphal yang kemudian meneruskan berita tersebut ke rekan-rekan mereka di Mumbai. Petugas kemudian melacak posisi Gambhir ke pinggiran Bandra. Di sana, dia dilaporkan hidup dengan penuh perjuangan.

"Dia mencari uang sebagai pengemis, menyanyikan lagu-lagu Hindi lama," kata Firoze Shakir yang merekam video itu dan mengunggahnya ke situs berbagi video pada Oktober 2017 lalu.

Shakir, seorang fotografer jalanan, mengatakan bahwa Gambhir yang kini berusia 66 tahun telah memberitahu bahwa dia sempat menjadi pekerja konstruksi dan mengalami sejumlah kecelakaan.

Ide merekam Ghambir bermula saat Shakir sering melihatnya berkeliling dan bernyanyi demi belas kasih orang lain.

Video hasil rekamannya yang telah diunggah ke situs populer untuk berbagi video itu telah dilihat lebih dari 55.000 kali, dan membantu melacak keberadaan pria India yang hilang sejak lama.

"Ini adalah sesuatu yang terjadi tanpa sengaja, tetapi saya berharap video ini menyentuh hati orang lain," tutur Shakir.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulang ke Keluarga

Pada Rabu 19 April, petugas Imphal terbang ke Mumbai untuk membawa Gambhir kembali ke keluarganya. Mereka berangkat dari Mumbai pada Kamis pagi dan tiba di Imphal pada sore hari.

The Times of India melaporkan bahwa Gambhir, seorang mantan perwira tentara, telah berpisah dari istrinya setelah pernikahan singkat sesaat sebelum ia meninggalkan Imphal.

"Kisah ini adalah secercah harapan. Jika sebuah video dapat mengubah kehidupan seorang pria, maka tidak akan ada keajaiban yang lebih besar dari ini," kata Shakir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.