Sukses

Suhu Negara Ini Lebih Panas dari Indonesia

Berikut ini negara-negara yang lebih panas dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu negara yang dilalui Garis Khatulistiwa, tak heran jika suhu di Indonesia terasa begitu panas. Salah satu wilayah yang dalam kondisi demikian adalah ibu kota DKI Jakarta dan sekitarnya.

Cuaca yang terik ini menyebabkan dehidrasi dan kulit terasa terbakar. Kendati demikian ternyata kondisi demikian tak hanya dirasakan di Indonesia.

Masih ada negara lain yang merasakan panas berkali-kali lipat dibandingkan dengan di Indonesia.

Seperti dikutip merdeka.com dari berbagai sumber, berikut negara-negara yang lebih panas dari Indonesia:

1. Mali, Afrika Utara

Sekitar 15 juta jiwa di Mali harus merasakan cuaca panas dengan suhu mencapai 54,5 derajat celsius. Kota kuno ini terletak di persimpangan di rute perdagangan kuno Gurun Sahara.

Untungnya, Mali dialiri sungai besar, yaitu Sungai Niger. Dengan adanya air, warga bisa menggunakan sebagai alat untuk mendinginkan.

2. Rubal Khali, Semenanjung Arabia

Rub'al Khali adalah padang pasir terbesar di dunia, meliputi sepertiga wilayah semenanjung Arab, kawasan yang mencakup Saudi Arabia, Oman, Yaman, dan Uni Emirat Arab. Suhu tertingginya pernah mencapai 56,1 derajat C.

Karena temperatur yang tinggi, maka manusia tidak mungkin menyeberangi gurun ini tanpa menggunakan alas kaki.

3. Dasht-e Lut, Iran

Dasht-e Lut atau dikenal sebagai Gurun Lut, memiliki suhu yang sangat panas. Saat 2005, Gurun Lut menjadi daratan terpanas di Bumi dengan suhu panas 70 derajat celsius.

Yang lebih uniknya lagi, menurut salah satu penelitian menemukan bahwa di Gurun Lut, susu tidak dapat basi karena bakteri tidak mungkin dapat hidup dalam panas yang berlebih. Gurun Lut sendiri merupakan rumah bagi beberapa piramida pasir tertinggi di dunia.

4. Flaming Mountain (Huo Yan Shan), China

Tidak hanya terkenal dengan seekor panda dan tirai bambu, China juga memiliki wilayah terpanas di dunia. Flaming Mountain atau Gaochang Mountain terletak di Pegunungan Tian Shan, Xinjiang, Cina. Meskipun dinamakan pegunungan, namun suhu panas di tempat ini terbilang tinggi.

Pada tahun 2008, satelit NASA mencatatkan salah satu temperatur terpanas di dunia, yakni 80 derajat celsius dan itu adalah di Flaming Mountain.

5. Death Valley, Amerika Utara

Death Valley atau Lembah Kematian terletak di Gurun Mojave, California. Lembah ini adalah kawasan terkering, terpanas, dan terendah di Amerika Utara. Suhunya pernah mencapai 57 derajat celsius.

Pengukuran suhu pada Death Valley dilakukan dengan termometer di tanah. Beberapa orang berpendapat bahwa temperatur di Gurun Lut dan Flaming Mountain tidak valid. Ini menyebabkan Death Valley sering disebut sebagai tempat terpanas di dunia.

Reporter: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.