Istri Pemimpin Korea Utara Resmi Menyandang Status Ibu Negara

Oleh Afra Augesti pada 17 Apr 2018, 06:54 WIB
Diperbarui 17 Apr 2018, 06:54 WIB
Ri Sol-ju
Perbesar
Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol-ju, menonton pertunjukan balet klasik "Giselle" bersama para pejabat tanpa kehadiran suaminya, Kim Jong-un, di Mansudae Art Theater, Pyongyang, Sabtu 14 April 2018. (KCNA)

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara secara resmi memberikan gelar bagi istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju, sebagai Ibu Negara atau First Lady.

Media pemerintah Korean Central News Agency (KCNA) membuat pengumuman tersebut, terkait kemunculan Ri Sol-ju di hadapan publik tanpa suaminya, Minggu 15 April.

Malam itu, Ri Sol-ju terlihat menghadiri sebuah acara non-formal seorang diri.

Dia menonton balet klasik Giselle yang diboyong oleh National Ballet of China ke Pyongyang, pada Sabtu 14 April, di Mansudae Art Theater. Pentas tersebut merupakan balasan atas kunjungan Kim Jong-un dan Ri Sol-ju ke Beijing, China, pada Maret lalu.

Pertunjukan itu merupakan bagian dari April Spring Friendship Art Festival yang rutin digelar setiap April untuk menghormati hari lahir pendiri Korea Utara, Kim Il-sung, kakek Kim Jong-un.

Sepanjang sejarah, media pemerintah hanya pernah sekali menyebut gelar First Lady, yaitu untuk istri Kim Il-sung, Kim Song-ae. Demikian menurut surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo, yang dikutip dari NK News, Senin (16/4/2018).

Dalam acara tersebut, Ri Sol-ju juga bertatap muka dengan para pejabat China, di antaranya Song Tao yang merupakan Kepala Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis China, Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata China Li Qun, dan Duta Besar China untuk Korea Utara Li Jinjun.

Ri Sol-ju bertemu Song Tao yang memimpin rombongan seni Tiongkok ke Korea Utara untuk mengisi April Spring Friendship Art Festival, Sabtu 14 April 2018. (KCNA)

Tampilan surat kabar lokal Rodong Sinmun edisi 15 April juga sangaat berbeda.

Pertama, koran ini tidak menampilkan potret Kim Il-sung pada halaman pertama, padahal terbit tepat di hari ulang tahunnya. Bahkan, nama Kim Jong-un tidak disebutkan dalam halaman pertama dan kedua, pasca pertemuannya dengan delegasi China.

Barulah pada halaman ketiga, nama Pemimpin Korea Utara tersebut dicantumkan.

Halaman pertama dan kedua Rodong Sinmun ternyata memuat gambar Ri Sol-ju, dengan sinopsis: "Ibu Yang Dihormati, Ri Sol-ju, menemani kader Partai dan Pemerintah saat menghadiri pertunjukan kelompok seni Tiongkok, yang merupakan bagian dari Festival Persahabatan 31 April."

Tahun 2018 tampaknya menjadi "tahunnya" Ri Sol-ju.

Di samping pemberian gelar baru -- Ibu Negara Korea Utara -- sejak Januari namanya telah disebut di media pemerintah berbahasa Inggris sebanyak 44 kali, lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya sejak 2013.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bersama Istri, Kim Jong-un Saksikan Penampilan Artis K-pop

Kim Jong-un saat bertemu dengan sejumlah bintang K-pop di Pyongyang pada Minggu (1/4/2018).
Perbesar
Kim Jong-un saat bertemu dengan sejumlah bintang K-pop di Pyongyang pada Minggu (1/4/2018). (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Sebelumnya sejumlah bintang pop Korea Selatan tampil dalam sebuah konser di Korea Utara. Pertunjukan yang digelar di Grand Theater pada Minggu, 1 April 2018 itu turut disaksikan oleh Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol-ju.

Menurut sejumlah laporan yang dikutip dari BBC, Senin 2 April 2018, Kim Jong-un terlihat menikmati pertunjukan bertajuk "Spring is Coming" tersebut. Ia pun bertemu dengan sejumlah pengisi acara asal Korsel. Pemimpin Tertinggi itu sempat berbincang dan berfoto bersama.

Pertunjukan tersebut merupakan konser pertama dalam sepuluh tahun terakhir, yang menampilkan sejumlah artis papan atas Korea Selatan.

Sebelumnya, yakni pada Februari 2018, Korea Utara mengirimkan sejumlah musisi ke Korea Selatan dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Pertukaran pertunjukan tersebut digelar di tengah membaiknya hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Kedua pemimpin negara, Kim Jong-un dan Moon Jae-in, rencananya akan bertemu pada akhir bulan ini.

Menurut kantor berita Yonhap, Kim Jong-un merupakan pemimpin Korea Utara pertama yang menghadiri pertunjukan kelompok artis dari Korea Selatan. Adik perempuan Kim, Kim Yo-jong, disebut juga turut menghadiri konser tersebut.

Menteri Kebudayaan Korea Selatan, Do Jong-hwan, mengatakan bahwa Kim menunjukkan ketertarikannya selama pertunjukan berlangsung. Ia pun beberapa kali bertanya soal lagu dan lirik yang dinyanyikan oleh artis Korsel tersebut.

Sebelumnya, warga Korea Utara juga menyaksikan penampilan grup taekwondo Korea Selatan. Namun, Kim tak turut menyaksikan pertunjukan itu.

Artis papan atas Korea Selatan tersebut, dijadwalkan akan kembali tampil pada Selasa, 3 April 2018.

Lanjutkan Membaca ↓