Sukses

Pintu Kamar Hotel Eks Orang Terkenal Terjual hingga Rp 1,7 Miliar

Pintu kamar hotel sejumlah orang ternama terjual dengan harga fantastis hingga sekitar Rp 1,7 miliar.

Liputan6.com, New York - Sejumlah pintu kamar hotel yang di renovasi di New York, Amerika Serikat menghasilkan sedikitnya $US400 ribu atau sekitar Rp 55 juta.

Salah satu pintu kamar hotel yang terjual dengan harga fantastis adalah penutup ruangan tempat menginap penyanyi terkenal dan pemenang hadiah Nobel untuk kesusasteraan Bob Dylan. Laku dalam lelang US$125 ribu dolar atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Sementara pintu kamar lain yang pernah ditinggali penyanyi rock ikonik tahun 60-an, Janis Joplin, terjual dengan harga $US106 ribu lebih berkisar Rp 1,4 miliar.

Kantor berita AFP seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (14/4/2018) melaporkan bahwa pintu-pintu itu diselamatkan oleh seorang gelandangan yang pernah tinggal di Hotel Chelsea selama sembilan tahun.

Ketika hotel itu direnovasi, Jim Georgiou yang tinggal di hotel itu dari tahun 2002 sampai ia diusir karena tidak membayar sewa tahun 2012, melihat para pekerja membuang pintu-pintu kamar hotel yang sedang direnovasi.

Bersama beberapa kawannya, ia mengumpulkan sekitar 50 pintu, dan setelah mengadakan riset di perpustakaan dan mewawancarai bekas-bekas tetangganya yang pernah tinggal di sana.

Georgiou bisa memastikan sedikitnya 22 pintu kamar di mana orang-orang terkenal itu pernah tinggal.

Georgiou yang menjadi gelandangan setelah diusir dari hotel itu kini bisa tersenyum gembira dengan hasil penjualan tersebut.

Sejak dibuka tahun 1884, Hotel Chelsea pernah menjadi hunian tetap dan sementara oleh tokoh-tokoh sastra, bintang film dan penyanyi terkenal. Di antaranya seperti pengarang Mark Twain, Jack Kerouac, penyanyi Bob Marley dan Joni Mitchell.

Bintang film Humphrey Bogart dan seniman Andy Warhol juga pernah tinggal di hotel itu.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kantong Udara 'Kobe Bryant' Rp 200 Juta

Lelang benda lain bekas orang terkenal yang dibanderol dengan harga fantastis adalah sejumlah kantong plastik yang lazim menjadi wadah roti untuk bekal makan siang.

Situs lelang eBay menunjukkan salah satunya bahkan ditawar hingga US$15.300 atau lebih dari Rp 200 juta. Apa istimewanya?

Pengunggah benda biasa itu mengaku bahwa kantong tersebut berisi udara yang ada di lapangan pertandingan tempat pemain basket terkenal Kobe Bryant melangsungkan permainan terakhir kalinya, sebelum pensiun dari dunia olahraga basket.

Dikutip dari Sports Illustrated pada Selasa 19 April 2016, penawaran lelang ini tak berlangsung lama. Pihak eBay telah mencabutnya.

Walaupun terdengar seperti tipuan, para peminat lelang tertinggi kantong angin itu sepertinya cukup memiliki reputasi. Salah satu peminatnya bahkan telah memiliki 480 nilai sebagai seorang pembeli.

Dalam situs lelang eBay, reputasi penjual dan pembeli dibangun berdasarkan banyaknya transaksi yang jujur dan nyata, seiring berjalannya waktu.

Masih dari Sports Illustrated, ternyata bukan hanya satu penjual saja yang mencoba menjual kantung udara 'bersejarah' tersebut. Sejumlah nama juga menjual benda serupa dengan harga awal sekitar US$1 sekitar Rp 13 ribu.

Dari sejumlah sumber, diketahui bahwa Kobe Bryant melakukan pertandingan perpisahan bersama-sama dengan tim Los Angeles Lakers pada 13 April di Staples Center di Los Angeles. Dalam pertandingan itu, ia meyumbangkan 60 angka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.