Sukses

Dikira Mainan, Sebuah Ular Berbisa Meringkuk di Dalam Kotak

Sebuah keluarga di Australia dikejutkan dengan temuan ular berbisa yang dikiranya sebagai mainan.

Liputan6.com, Canberra - Sebuah ular berbisa ditemukan menggeliat memasuki kotak mainan di sebuah rumah di Peaks Crossing, barat daya Brisbane, Queensland, pada Selasa sore, 10 April 2018. 

Kehadiran ular tersebut membuat kaget seisi rumah, tidak terkecuali sang pemilik kotak mainan, seorang gadis cilik berusia di bawah 10 tahun. 

Dikutip dari Australia Plus pada Kamis (12/4/2018), ular hitam dengan warna perut merah itu sempat terlihat di ambang jendela, namun kemudian menghilang jatuh ke dalam kotak mainan.

Penangkap ular Andrew Smedley kemudian dihubungi untuk menyingkirkan reptil melata tersebut, yang akhirnya ditemukan meringkuk di bawah tumpukan boneka binatang anjing, beruang, dan burung.

"Lucu sekali, keluarga itu menyebut si ular ditemukan di area kebun binatang kecilnya. Jadi mereka mendapatkan hewan sungguhan di 'kebun binatang' mereka," kata Andrew Smedley.

Andrew Smedley mengatakan ular itu bersembunyi cukup baik di tumpukan mainan itu. 

"Ular ini sesuatu yang tidak kamu inginkan ada di kamar anak-anak. Kondisinya bisa jadi buruk jika tidak ada orang yang tahu tentang keberadaan ular tersebut di kotak mainan," kata Andrew Smedley.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Keluar dan Kunci Pintu Jika Menemukan Ular di Ruangan

Australian Reptile Park mengatakan, gigitan ular hitam berperut merah jarang terjadi, karena biasanya ia bergerak tenang dan cukup jinak.

Ular tersebut diketahui suka melakukan gertakan dengan lehernya yang panjang, dan mendesis dengan keras daripada mengigit.

Andrew Smedley mengatakan sejauh ini belum ada kasus kematian yang tercatat akibat gigitan ular hitam perut merah.

"Tapi gigitannya  pasti akan membuat Anda sakit, sehingga perlu dirawat di rumah sakit, apalagi jika korban adalah anak-anak," katanya.

Smedley mengingatkan, siapapun yang menemukan ular di sebuah ruangan, sebaiknya segera keluar, menutup pintu dan meletakkan handuk di celah di bawah pintu. Setelahnya, sangat dianjurkan memanggil penangkap ular untuk proses evakuasi. 

"Dengan cara itu, ular akan benar-benar terkurung di dalam ruangan," katanya.

"Jadi jika mereka bisa mengurungnya, itu akan membuatnya jauh lebih mudah ditangkap," lanjut Smedley. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.