Sukses

Peretas Tinggalkan Gambar Bendera AS di Layar Komputer Pusat Data Iran

Sejumlah peretas berskala global telah menyerang jaringan komputer di sejumlah negara, termasuk pusat-pusat data di Iran.

Liputan6.com, Teheran - Para peretas telah menyerang jaringan komputer di sejumlah negara, termasuk pusat-pusat data di Iran.

Aktor serangan siber itu meninggalkan jejak berupa gambar bendera AS di layar komputer bersama dengan sebuah peringatan bertuliskan, "Jangan main-main dengan Pemilu kami," ujar Kementrian Teknologi Informasi Iran hari Sabtu 8 April, seperti dikutip dari VOA Indonesia (9/4/2018).

Serangan tersebut tampaknya mempengaruhi 200.000 router switch di seluruh dunia dalam sebuah serangan luas, termasuk 3.500 switch di Iran. Lanjut pernyataan dari Kementrian Komunikasi dan Teknologi Informasi yang diteruskan oleh kantor berita resmi Iran, IRNA.

Pernyataan tersebut menyebutkan serangan, yang melanda penyedia layanan internet dan memutus akses pelanggan ke internet, dimungkinkan dengan adanya kerentanan dalam router yang diproduksi Cisco.

Firma teknologi itu juga sebelumnya telah mengeluarkan sebuah peringatan dan membagikan program penambal. Tapi sayangnya, banyak perusahaan yang tidak mengaplikasikannya dikarenakan adanya libur tahun baru di Iran.

 

Saksian juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyerang Berbagai Negara, Tak Ada Data Hilang

Sementara itu, sebuah postingan di blog yang diunggah hari Kamis oleh Nick Biasini, seorang peneliti ancaman pada Talos Security Intelligence and Research Group, bagian dari Cisco, menyatakan, "Beberapa insiden terjadi di berbagai negara, termasuk beberapa insiden yang secara spesifik menyasar infrastruktur vital, telah melibatkan penyalahgunaan protokol Smart Install."

"Konsekuensinya, kami harus mengambil peran aktif, dan mendesak para pelanggan, sekali lagi, akan adanya peningkatan risiko dan jalur perbaikan yang tersedia."

Hari Sabtu sore, Cisco menyatakan postingan-postingan itu adalah piranti yang membantu klien mengenal kelemahan-kelemahan yang ada dan mencegah serangan siber.

Menteri Teknologi Informasi Iran, Mohammad Javad Azari-Jahromi mengunggah gambar layar komputer di Twitter dengan gambar bendera AS dan pesan dari peretas. Ia menyatakan masih belum jelas siapa pelaku serangan tersebut.

Azari-Jahromi menyatakan pada umumnya serangan tersebut berdampak pada negara-negara di Eropa, India, dan Amerika Serikat, demikian laporan televisi pemerintah.

"Sekitar 55.000 peralatan di Amerika Serikat terkena dampaknya, demikian juga 14.000 peralatan di China, sedangkan 2 persen peralatan di Iran menjadi korban serangan itu," demikian kutipan pernyataan Azari-Jahromi.

Dalam sebuah cuitan, Azari-Jahromi menyatakan badan tanggap darurat komputer negara, MAHER, telah menunjukkan "berbagai kelemahan dalam penyediaan informasi kepada perusahaan-perusahaan yang terkena dampaknya" setelah terjadinya serangan, yang terdeteksi hari Jumat sore di Iran.

Hadi Sajadi, wakil kepala Organisasi Teknologi Informasi Iran yang dikelola pemerintah, mengatkan serangan tersebut telah dapat ditanggulangi dalam hitungan jam dan tidak ada data yang hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.