Sukses

Afghanistan Klaim Sukses Membunuh Komandan ISIS dengan Serangan Udara

Seorang komandan ISIS diklaim telah terbunuh dalam sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh militer Afghanistan.L

Liputan6.com, Kabul - Seorang komandan ISIS diklaim telah terbunuh dalam sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh militer Afghanistan, menurut laporan pihak angkatan bersenjata negara tersebut.

Komandan yang dibunuh juga disebut sebagai pembelot Taliban yang kemudian mendirikan Daesh (julukan ISIS) di Aghanistan.

"Komandan ISIS Afghanistan, Qari Hekmat, tewas dalam sebuah serangan pesawat tak berawak pada Kamis (5/4) di distrik Darz Aab, Provinsi Jawzjan Utara, Afghanistan," kata juru bicara Angkatan Udara Nasional Afghanistan, Hanif Rezaee, 7 April 2018.

Sebagaimana diketahui, ISIS mendirikan 'cabang' baru di provinsi tersebut tahun lalu setelah Hekmat membelot dari Taliban. Pembentukan kelompok baru itu kemudian kembali memicu Amerika Serikat melakukan intervensi non-kombatan di Afghanistan.

Kelompok ISIS cabang Afghanistan hingga kini masih melakukan teror di kawasan. Bulan lalu, mereka melancarkan serangan bom bunuh diri di dekat masjid-masjid Syiah di Herat dan Kabul.

Selain menjadi musuh utama pasukan pemerintah yang didukung Barat, Daesh di Afghanistan pun menjadi lawan bagi kelompok Taliban.

Kelompok militan itu pertama kali muncul di Afghanistan tiga tahun lalu. Markas utama mereka terletak di provinsi Nangarhar, yang berbatasan dengan Pakistan dan aktif di Afghanistan Utara.

Sejak adanya Daesh di wilayah itu, kekerasan sektarian di negara berpenduduk Muslim Sunni yang semula mereda, kembali bangkit. Selama beberapa tahun terakhir, ISIS mengklaim serangan yang telah menewaskan ratusan orang Syiah.

Reporter : Ira Astiana

Sumber  : Merdeka.com

 

Saksian video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.