Sukses

Lukisan Sosok Perempuan Karya Adolf Hitler Dilelang Rp 1 Miliar

Sebuah lukisan cat minyak yang diyakini merupakan karya diktator Nazi, Adolf Hitler, akan dilelang pekan depan dengan harga berkisar 60 ribu euro atau sekitar Rp 1 miliar.

Liputan6.com, Nuremberg - Sebuah lukisan cat minyak yang diyakini merupakan karya diktator Nazi, Adolf Hitler, akan dilelang pekan depan dengan harga berkisar 60 ribu euro atau sekitar Rp 1 miliar.

Lukisan berukuran 63 x 48 cm yang ditandatangani oleh Hitler pada 1916 itu adalah potret Charlotte Lobjoie, seorang perempuan Prancis yang bertemu Adolf Hitler ketika dia sedang bertugas dalam Perang Dunia Pertama.

Hal tersebut pernah disampaikan oleh Werner Maser, seorang ilmuwan ahli Hitler yang meninggal 2007.

Dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (7/4/2018), menurut rumah lelang Weidler di Nuremberg dalam sebuah pernyataannya, lukisan berjudul "Portrait of a Girl" itu dibeli oleh para industrialis Flemish sekitar tahun 1967.

Menurut Weidler, lukisan Adolf Hitler tersebut dilengkapi dokumen-dokumen yang menunjukkan karya seni itu itu pernah dipamerkan di beberapa galeri di Jepang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melukis untuk Mencari Nafkah

Lukisan yang terlihat berlatar belakang pemandangan desa itu menggambarkan seorang perempuan menggunakan selendang di kepalanya yang membentuk bayangan di wajahnya. Dia memegang garpu rumput.

Maser, yang disebut oleh Weidler dalam pernyataannya, menulis beberapa buku mengenai Hitler yang memberikan gambaran pemikiran pemimpin Nazi ini melalui lukisan-lukisannya, surat-surat, dan sejumlah catatan.

Hitler melukis untuk mendapatkan nafkah sekitar tahun 1920 sebelum naik ke tampuk kekuasaan dan memimpin Jerman masuk ke Perang Dunia II.

Pada 2015, Weidler menjual lukisan cat air Kastil Neuschwanstein di Bavaria, yang juga ditandatangani oleh A. Hitler dan diyakini sebagai karya pemimpin Nazi. Lukisan itu terjual di lelang seharga 100 ribu euro atau sekitar Rp 1,6 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.