Sukses

Agar Bebas Bakteri, Benda Ini Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Para ahli kebersihan mengatakan, benda-benda berikut harus dibersihkan setiap hari agar terhindar dari kuman. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Bila Anda merasa rutin membersihkan rumah dan benda-benda di sekitar Anda, coba pikir ulang, apakah dengan begitu barang tersebut sudah bebas dari bakteri? Belum tentu.

Seorang ahli kebersihan di Inggris mengungkapkan, kita harus benar-benar membersihkan barang-barang yang kerap bersinggungan langsung dengan tubuh kita, setiap hari, minimal satu kali seminggu. Demikian menurut ahli, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (3/4/2018).

Menurut laporan The Sun dari pakar kebersihan di Mattress Online, benda yang ada di rumah Anda seperti sarung bantal, kuas make-up, dan papan tuts (keyboard) komputer atau laptop Anda adalah benda yang rentan terkontaminasi bakteri jahat.

Kuas make-up, contohnya, harus dicuci minimal satu kali dalam seminggu menggunakan pembersih khusus atau sampo. Jika tidak dibersihkan secara teratur, bakteri streptococcus dapat hidup di kuas make-up Anda.

Bakteri ini menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, radang tenggorokan dan impetigo -- infeksi kulit yang sangat menular, biasanya muncul sebagai luka di wajah, terutama di sekitar hidung, mulut, tangan dan kaki.

Para ahli juga merekomendasikan agar sarung bantal Anda dicuci dua hari sekali, kasur harus dibersihkan dengan penyedot debu minimal dua minggu sekali, dan keyboard dibersihkan seminggu sekali. Semua ini berguna untuk menghentikan penyebaran kuman.

Berikut ini daftar benda yang harus dibersihkan dan cara pembersihannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Benda yang Sering Menempel di Kulit

Kuas make-up: Cuci mingguan. Gunakan pembersih sikat make-up yang terbaik, atau Anda dapat menggunakan sampo.

Pakaian latihan: Cuci dengan mesin 40 derajat Celcius setiap kali sehabis dipakai.

Pakaian berbahan sutra: Cuci setiap kali sehabis dipakai. Periksa label untuk mengetahui cara pencucian yang ideal.

Mainan lunak: Cuci seminggu sekali. Periksa labelnya. Setelahnya, masukkan ke dalam pendingin kulkas (freezer) selama semalam. Hal ini berguna untuk membunuh tungau debu.

3 dari 4 halaman

2. Benda yang Ada di Rumah

Keyboard: Cuci seminggu sekali dengan sekaleng udara terkompresi untuk disemprotkan di antara tombol. Bersihkan dengan kain pembersih setelahnya.

Matras: Angin-anginkan matras setiap hari dan cuci bed cover setiap minggu. Sarung bantal harus dicuci dua hari sekali.

Mainan anak/mangkuk/tempat tidur: Mainan anak harus dicuci seminggu sekali. Sedangkan untuk mangkuk, setelah dicuci, harus dibilas dengan air hangat. Untuk tempat tidur harus dibersihkan dengan penyedot debu seminggu sekali.

Keset kamar mandi: Angin-anginkan setiap hari usai dipakai, cuci seminggu sekali. Handuk harus dicuci pada suhu 40 derajat Celcius setiap dua hari.

4 dari 4 halaman

3. Benda Keras

Gagang pintu: Bersihkan dengan kain pembersih yang telah diberikan antibakteri setiap minggu.

Kitchen bin atau keranjang sampah: Cuci seminggu sekali dengan air sabun hangat.

Tas Tangan: Sebaiknya dibersihkan dengan sikat kain seminggu sekali.

Pemanggang roti: Bersihkan seminggu sekali dengan mengelap remah-remah (bekas) roti, dan bersihkan menggunakan kain yang dibasahi dengan air sabun hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini