Sukses

Aksi Kru Bandara Mengelap Koper Ini Patut Diacungi Jempol

Salah satu pekerja bandara itu terlihat dengan lembut menyeka setiap koper yang keluar dari carousel dengan kain putih.

Liputan6.com, Tokyo - Beredar rekaman mengejutkan yang disebutkan mengungkap bagaimana koper Anda dirawat ketika tiba di bandara Jepang. Hal tersebut jauh dari perlakuan kasar yang banyak terjadi ketika barang penumpang tiba di negara lain.

Seperti dikutip dari Metro.co.uk, Selasa (3/4/2018), di Jepang, koper Anda benar-benar dibersihkan. Tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, terlihat seseorang staf berdiri dan membersihkan barang bawaan di terminal kedatangan. Salah satu pekerja bandara itu dengan lembut menyeka setiap koper yang keluar dari carousel dengan kain putih.

Sejauh ini tak diketahui pasti staf di bandar udara mana, atau dari mana tas itu berasal. Kendati demikian, aksi staf mengelap koper dengan kain itu jauh lebih baik daripada ulah kru di Bandara Luton Inggris pada Maret lalu, yang terekam kamera tengah melemparkan koper para penumpangnya.

Hal itu tak lebih baik dari seorang pekerja bandara yang membuat 286 koper salah tujuan gara-gara ditukar labelnya di Bandara Changi Singapura.

Apa yang dilakukan staf di bandara Jepang itu sepertinya patut diacungi jempol dan ditiru bandar udara lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Viral Petugas Bagasi Pesawat

Penanganan di bagasi pesawat sudah jadi rahasia umum memiliki reputasi buruk. Bahkan beberapa petugasnya tertangkap tangan mencuri barang penumpang, sementara yang lain terlihat menertawakan koper saat bongkar muat.

Penumpang mungkin tidak keberatan karena tahu penanganan koper itu dilempar, yang lain pasrah saja dengan cara barang bawaan mereka ditangani petugas. Namun, pelanggan yang terbang dengan maskapai Jepang ANA mungkin tak perlu khawatir dengan hal demikian. Mengapa?

Jawabannya didapat dari rekaman video yang beredar di media sosial baru-baru ini. Di mana petugas terlihat dengan apik menata koper penumpang di troli.

Seperti dikutip dari Asia One, Selasa (6/2/2018), adalah pengguna Facebook Nihongo Wakaranai yang merekam video para petugas itu pada Kamis, 1 Februari lalu. Dalam videonya, terlihat dua orang tengah menurunkan koper di bagasi pesawat dari sebuah penerbangan di sebuah bandara di Jepang.

"Terekam di bandara di Jepang, menunjukkan bagaimana orang Jepang benar-benar menjaga koper Anda ... sering kali lebih baik dari dirimu sendiri," tulis akun Facebook Nihongo Wakaranai.

Video berdurasi 3 menit tersebut menunjukkan bagaimana staf dengan lembut dan cermat mengatur setiap koper ke bagian belakang truk untuk dibawa ke terminal bandara. Tidak ada penanganan yang kasar dan staf terlihat secara pribadi menyerahkan barang bawaan kepada staf lain untuk dimasukkan ke truk.

Video tersebut viral, telah dilihat lebih dari 1,8 juta kali dan dibagikan 41.000 kali.

Warganet memuji aksi para staf itu menjaga barang-barang penumpang, dan menunjukkan pekerjaan mereka dengan bangga dan memberi tahu bagaimana layanan yang baik dan peduli kepada orang lain untuk dijadikan panutan.

Pengguna Facebook Haikal Khan bahkan membandingkan layanan di bagasi pesawat mereka dengan Singapura.

Saksikan videonya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.