Sukses

Heboh, Warga Inggris Temukan Ikan Piranha di Selokan

Menurut petugas kebersihan tersebut, ikan piranha adalah hewan yang berbahaya dan dapat memakan mangsanya dalam hitungan menit.

Liputan6.com, Chichester - Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata ikan piranha? Kebanyakan dari Anda tentu berpendapat bahwa ikan ini sangat menyeramkan.

Hal menyeramkan semacam inilah yang dialami oleh warga di Chichester, Inggris. Pasalnya, ikan yang banyak ditemui di Sungai Amazon, Brasil ini ditemukan di saluaran pembuangan air di kota tersebut.

Mulanya, hewan jenis karnivora itu ditemukan oleh seorang staf kebersihan yang sedang melakukan pemeriksaan, demikian dikutip dari laman Telegraph.co.uk, Senin (2/4/2018).

Menurut petugas kebersihan tersebut, ikan piranha adalah hewan yang berbahaya dan dapat memakan mangsanya dalam hitungan menit.

Sejauh ini, pihak kebersihan saluran air Inggris mengatakan bahwa hewan ini sengaja dibuang oleh seorang warga yang memelihara ikan piranha, meski belum diketahui secara pasti pelakunya.

"Jelas seseorang telah membuang hewan ini ke dalam saluran pembuangan di kamar mandi. Jadi hewan ini ditemukan di dalam selokan," kata juru bicara Southern Water, Nicola Crichton.

"Orang-orang akan menyiram apapun ke dalam toilet. Sebab, kami pernah menemukan banyak benda-benda aneh," tambahnya.

Meski ikan piranha ditemukan dalam kondisi mati, pihak petugas menyebut bahwa hal ini sungguh berbahaya. Bukan hanya menjadi ancaman bagi warga atau petugas kebersihan, namun hal ini juga menyalahi aturan.

Ikan piranha sendiri dapat tumbuh hingga memiliki ukuran tubuh mencapai 12 hingga 50 sentimeter, tergantung jenisnya. Hewan ini memang dikenal buas, terlebih ia kerap tinggal secara bergerombol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Piranha Bergigi Manusia

Pada tahun 2014, seorang pemancing bernama Aleks Korobov asal Rusia tak pernah menyangka bahwa ikan yang ia tangkap bukan ikan sembarangan.

Pemancing itu baru saja menemukan ikan yang merupakan salah satu jenis teraneh di dunia. Ikan dengan gigi yang sangat mirip dengan gigi manusia.

Awalnya Aleks sedang memancing di Sungai Dvina bagian utara, yang letaknya berada di barat laut Rusia. Seperti biasa, ia memancing menggunakan kail dan menanti ikan memakan umpan.

Tali pancing pun mengeras, dan ditariklah segera oleh Aleks pada momem yang dirasa pas. Ia berhasil mendapatkan ikan. Tapi ikan itu sudah mati. Saat mulutnya dibuka, giginya besar seperti gigi manusia.

"Saat itu sudah mati, tapi baunya masih segar. Aku pun mengambilnya dan membuka rahangnya. Dan aku sangat kaget melihatnya," ujar Aleks.

Pria 50 tahun asal Oblast, Arkhangelsk, Rusia itu pun kemudian membawa ikan itu dan memberitahu ke rekan dan penduduk setempat.

Anton (60), teman Aleks, juga mengaku tak percaya ketika diberitahu si Aleks mendapat ikan aneh tersebut. Dia pun mengira Aleks bergurau. Tapi setelah ia melihat langsung, Anton sungguh terkejut. "Belum ada yang pernah melihat apapun seperti ikan itu sepanjang umur ini," ujar Anton.

Aleks kemudian menghubungi ilmuwan dari Institute of Fisheries and Oceanography untuk menanyakan jenis hewan tersebut.

Seorang ahli biologi Gennady Dvorykankin mengatakan pihaknya akan melakukan otopsi terlebih dahulu untuk menguak jenis dari gigi tersebut. Tapi sejauh ini, ikan itu diyakini sebagai Piranha.

"Itu Piranha herbivora (pemakan tumbuhan laut), yang tidak makan daging seperti yang kalian lihat di film," ujar Gennady, seperti dilansir Mirror.co.uk. "Dan tidak mungkin hewan jenis itu bisa hidup di sungai itu. Kemungkinan besar ikan itu dibuang oleh pemiliknya," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini