Sukses

Perlihatkan Payudara Saat Menyusui di Muka Umum, Pemain Hoki Es Dipuji

Seorang ibu muda, sekaligus pemain hoki es, dipuji warganet karena berani mengunggah foto menyusuinya di dunia maya.

Liputan6.com, Ontario - Ibu adalah 'pahlawan super'. Dia akan melakukan segala sesuatunya demi buah hati, termasuk mengorbankan nyawa, waktu dan tenaga. Apalagi bagi para wanita yang baru saja menyandang 'gelar' ibu.

Terkadang dia kurang tidur karena harus menyusui bayinya yang baru lahir. Saat itu, pemberian ASI eksklusif harus intensif demi kesehatan bayi. Tak peduli di mana posisi ibu, apabila bayinya menangis kelaparan, maka dia harus sesegera mungkin memberikan ASI.

Namun, faktanya, menyusui di muka umum masih dianggap tabu di sejumlah negara, juga di mata orang-orang. Padahal, memberi suplai makanan pada bayi baru lahir adalah kebutuhan mendesak. Seperti halnya kasus satu ini.

Seorang ibu yang berprofesi sebagai pemain hoki es, Serah Small, tak memperdulikan tempat yang sedang dia pijak ketika bayinya menangis minta disusui. Dia tak perlu menghindar dari teman-teman wanitanya, saat berada di ruang ganti usai bertanding.

Dengan sigap dan tak canggung, dia melepas pakaiannya, bertelanjang dada dan mulai menyusui. Yang dipikirkan Serah hanyalah agar sang anak tak merasa kelaparan dan kehausan selama dia mengikuti pertandingan babak berikut.

Aksi ibu muda tersebut viral di media sosial, setelah foto menyusuinya tersebar. Gambar itu pertama kali dibagikan di profil Facebook pribadinya, yang diambil oleh sang ibunda ketika menemani Serah bertanding.

Selama permainan, ibu Serah mengambil alih pengasuhan bayinya yang berusia 8 minggu.

Serah dengan berani menyampaikan, para ibu tak perlu malu untuk menyusui di depan publik, terlebih mendengarkan pandangan skeptis orang.

"Mengapa? Karena orang-orang masih menilai payudara dari segi seksual. Aku sadar bahwa menyusui di depan umum seharusnya tidak menjadi sesuatu yang memalukan, tetapi membanggakan. Aku benar-benar kesulitan memberi makan Ellie (nama anaknya) dan memilih untuk tidak menutupinya. Meski terkadang aku merasa masih ada yang mencibir, tapi apa yang ku lakukan ini semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhan anakku, apapun itu," tulis Serah di Facebook, seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (31/3/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung Warganet

Serah menceritakan, dia lupa membawa pompa ASI-nya, sehingga dia harus menyusui Ellie secara langsung. Memberi makan dari tubuhnya.

"Aku sangat senang karena masih bisa melakukan sesuatu yang aku cintai sambil tetap memenuhi kebutuhan bayiku. Interaksi kami luar biasa dan akhir pekan ini adalah pertama kalinya aku benar-benar menghargai apa yang aku miliki."

Aksi heroik Serah juga diunggah di laman Facebook Milky Way Lactation Services, yang telah disukai lebih dari 1,7 juta dan dibagikan 1 juta kali.

Atas tindakan berani Serah dalam merubah stigma negatif tentang menyusui, dia pun dihujani pujian warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini