Sukses

Keren, Gadis Sumedang Juara 2 Menghafal Al Quran Tingkat Internasional

Seorang gadis asal Sumedang, Jawa Barat, meraih juara 2 lomba menghafal Al Quran tingkat internasional yang digelar di Amman, Yordania.

Liputan6.com, Jakarta - Gadis asal Sumedang bernama Rifdah Farnidah menorehkan prestasi di kancah internasional. Wanita berusia 22 tahun ini baru saja meraih juara dua Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) tingkat internasional untuk putri, di Amman, Yordania.

Musabaqah Hifzil Quran adalah salah satu cara membaca Al Quran untuk menguji sejauh mana kefasihan bacaan dan kelancaran hafalan, bagi yang sudah hafal maupun yang masih dalam proses menghafal.

Pada acara tahunan yang sudah digelar 13 kali ini, gadis berdarah Sunda tersebut bersaing dengan 29 peserta dari 28 negara di Eropa, Asia dan Afrika pada kategori Tahfizh 30 juz.

Atas prestasinya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengundang Rifdah untuk hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota pada Kamis, 29 Maret 2018. Dia hadir dengan dampingan sang ibunda dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah, seorang dosen di Institut Ilmu Al Quran.

"Rifdah adalah seorang hafidzah (penghafal Al Quran) yang mutqin. Al Quran 30 juz ia hafalkan. Tahun lalu, dia juara pertama MHQ nasional mewakili DKI Jakarta. Ini jadi kali ketiga dia memenangkannya," kata Anies Baswedan yang dikutip Dream dari laman Facebook, Jumat (30/3/2018).

Pada acara tersebut, Anies mengundang Rifdah untuk maju membacakan surah Al Hasyr ayat 18-24. Puluhan tamu seperti ulama, habib, ustaz dan ustazah, mendadak hening, haru dan khusyuk menyimak lantunan ayat suci dari suara bening Rifdah.

Setelah dia selesai lantunkan penggalan Al Quran itu, salah satu tamu yang hadir, Sheikh Khalid Al Hamoudi, seorang ulama dari Mekkah, menyampaikan kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah. Ia bahkan memberikan hadiah kepada Rifdah.

"Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya," ucap Sheikh Khalid Al Hamoudi.

Sontak ruang balai kota riuh dengan puluhan hadirin bertakbir dan tahmid mendengar pernyataan dari Sheikh Khalid Al Hamoudi. Ruangan bergema, hati tergerak, mata membasah.

Tak hanya itu, Sheikh Khalid yang sudah memiliki dua putri -- yang juga pandai hafal Al Quran -- mengangkat Rifdah sebagai putri ketiganya.

"Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga," tuturnya.

 

Reporter: Amrikh Palupi 

Sumber: Dream.co.id

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.