Sukses

Misteri di Balik Semangka dan Orang Rusia, Ternyata...

Meski musim semangka baru dimulai pada awal Agustus, sebagian besar toko di Rusia mulai menjualnya bahkan pada Juli dan Juni.

Liputan6.com, Moskow - Ketika berpikir tentang Rusia, semangka tentu bukanlah hal pertama yang terlintas di kepala Anda. Namun, Anda pasti akan terkejut saat mengetahui betapa populernya buah itu selama musim panas di Rusia.

Semangka kebanyakan dibudidayakan di bagian selatan Rusia, tapi disantap di seluruh penjuru negeri, demikian seperti dikutip dari RBTH Indonesia, Rabu (28/3/2018).

Musim yang dinanti telah tiba. Bukan, ini bukan musim liburan atau musim untuk menikmati cuaca hangat selama tiga bulan. Inilah musim untuk menyantap semangka.

Bayangkan, pada suatu hari di tengah musim panas di Kota Moskow, Anda berada dalam mobil yang bergerak perlahan melewati persimpangan demi persimpangan. Setelah lalu lintas mulai lengang, Anda bisa tiba lebih awal di dacha (semacam vila) Anda.

Hari itu adalah hari Sabtu, dan jika Anda tidak membawa beberapa buah semangka segar yang berair, itu hampir seperti tindakan kriminal. Itu benar. Tak ada orang Rusia yang merasa lengkap tanpa sepotong semangka di tangannya, setidaknya pada musim panas.

Ketika orang-orang mengalihkan perhatian mereka dari meminum vodka atau meretas lembaga-lembaga pemerintah, kami biasanya menikmati waktu bersama teman-teman atau sanak saudara di dacha, memasak kebab (shashlik), dan makan semangka.

Dan percayalah, tak ada santapan musim panas yang dilahap dengan lancar tanpa sepotong buah segar ini. Orang Rusia dan semangka harus selalu bersama. Daging semangka yang manis dan berair lebih dari sekadar menyegarkan. Sepotong semangka mampu melepaskan dahaga dan menenangkan jiwa Anda.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musim Panas, Musim Panen Semangka

Selama musim panas, melon -- dan terutama semangka -- dijual di mana-mana. Dari pasar swalayan raksasa di kota-kota besar, hingga toko kelontong terkecil di daerah terpencil, Anda pasti akan menemukan kios semangka selama musim panas.

Daerah utama yang memproduksi semangka di Rusia adalah Astrakhan, sekitar 800 km di selatan Moskow. Buah ini cocok dibudidayakan di daerah yang hangat. Meskipun ada beberapa daerah lain yang juga menghasilkan buah yang menyegarkan ini, tak ada tempat yang lebih baik untuk menanam semangka dibanding Astrakhan.

Apa pun yang tersisa setelah panen yang berlimpah akan didistribusikan di antara penduduk desa. Jika menyangkut semangka, tak ada yang protes dengan kehadiran pekerja atau buruh anak. Ini bisa ditoleransi.

Anak dari pedesaan ini dengan riang gembira membantu memanen. Ia tahu bahwa ia akan segera diimpit oleh semangka-semangka besar yang sekal dan berair.

Orang Rusia sangat tergila-gila dengan semangka. Seseorang bisa saja menenteng sebuah semangka di akhir April. Semangkanya mungkin tak terlalu lezat, tapi ini bisa dimaklumi. Agustus tidak bisa datang lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.