Masak Ayam Panggang Pakai Pengering Rambut, Blogger Kuliner Ini Viral

Oleh Afra Augesti pada 27 Mar 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 27 Mar 2018, 19:40 WIB
Ayam Panggang
Perbesar
Ilustrasi ayam panggang yang dikeringkan pakai pengering rambut. (iStockphoto)

Liputan6.com, New York - Seorang blogger kuliner mencoba memancing perhatian warganet di Twitter dengan mendemonstrasikan cara memasak yang aneh.

Dalam foto yang diunggah di akunnya, wanita tersebut mempraktikan cara menciptakan kerenyahan kulit ayam yang telah dipanggang menggunakan pengering rambut.

Helen Rosner, seorang penulis makanan untuk New Yorker, mengunggah foto yang memperlihatkan dirinya ketika "mengeringkan" kulit ayam panggang dengaan pengering rambut Dyson Supersonic Hair Dryer.

Entah apa yang membuat blogger tersebut mencetuskan ide seperti itu, tapi "resep" unik darinya menarik minat para pengikutnya (follower) di Twitter.

Dia bahkan mengklaim, caranya ini sukses dan berhasil membuat kulit ayam panggang buatannya renyah.

"Selamat menikmati hari bersalju, saya menggunakan pengering rambut yang sangat mahal untuk menghilangkan kelembaban dari ayam panggang buatan saya. Tujuannya ialah untuk menciptakan kerenyahan kulit ayam," tulis Rosner di akunnya @hels, 21 maret 2018.

Rosner melanjutkan untuk berbagi resep ayam panggang buatannya, tetapi pengikutnya justru tertarik pada proses masaknya yang melibatkan pengering rambut seharga US$ 400 atau sekitar Rp 5,5 juta.

Selain di Twitter, Rosner juga mengunggah foto tersebut di akun Instagram pribadinya.

"Untuk merenyahkan kulit ayam, termasuk bebek atau ikan, pastinya Anda harus mengurangi kelembapan daging. Proses ini bisa dilakukan dengan mengipasinya, tapi biasanya cara ini memakan waktu lama. Dengan pengering rambut, waktu yang Anda gunakan jadi lebih singkat," katanya kepada Allure, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (27/3/2018).

Rosner bukanlah orang pertama yang memanfaatkan pengering rambut untuk memasak daging panggang. Dia merujuk pada penulis buku tentang masakan, Marcella Hazan, sebagai "nenek moyang" dari ide tersebut, yang pernah mempraktikkan hal serupa pada tahun 1970-an.

 

Produk Gagal, Pengering Rambut Mahal Semburkan Api

Hair Dryer Keluarkan Api
Perbesar
Mesin pengering rambut ini tidak keluarkan uap panas, tapi justru api yang disemburkannya. (Facebook Erika Augthun Shoolbred)

Lain cerita dengan wanita asal Amerika Serikat satu ini. Dia mengajukan komplain keras kepada perusahaan ritel online, Amazon, lantaran barang yang dibelinya tak sesuai harapan.

Erika Augthun Shoolbred yang berasal dari Columbia, South Carolina, membeli sebuah hair dryer atau pengering rambut di situs belanja raksasa itu. Saat barang sudah diantarkan ke rumah, ia langsung mencobanya.

Namun betapa terkejutnya dia saat menyalakan alat tersebut. Bukannya mengeluarkan udara panas, mesin pengering rambut itu justru menyemburkan api. Beruntung dia tak mengarahkan langsung ke rambutnya.

Sebagai bukti pengaduannya, Erika merekam detik-detik mesin tersebut saat menyemburkan api. Kemudian, diunggahnya video itu ke Facebook dan dia bubuhkan akun Amazon di dalamnya.

"Ayo diskusi soal bad hair day! Pengering rambut baruku (lebih mirip alat penggoreng rambut) dari OraCorp yang ku beli di Amazon.com berubah jadi mesin penyala obor saat aku nyalakan pertama kali pagi ini. Karenanya, tanganku menderita luka bakar kecil dan kamar mandi saya bau menyengat - sampai sekarang kedua perusahaan itu belum menanggapi keluhan atau video saya," tulisnya, seperti dilansir oleh The Independent, Jumat 2 Februari 2018.

Erika mengunggah dua video yang memperlihatkan pengering rambut barunya menyemburkan api, tanpa korek atau bantuan pemantik lainnya.

Alat tersebut juga terlihat mengeluarkan asap. Dia berseloroh dengan menyebut pengering rambut itu sebagai penyala obor.

Pengering rambut yang dimaksud Erika adalah produk buatan OraCorp's Professional Grade Hair Dryer, yang dibeli seharga US$ 19.99 atau Rp 268 ribu di Amazon.

Meski belum mendapatkan tanggapan mengenai kondisi mesin pengering itu, Erika mengaku bahwa pihak Amazon hanya memberikan informasi kontak OraCorp's Professional Grade Hair Dryer.

Selebihnya, mereka belum mau menanggapi lebih lanjut.

Menurut Shoolbred, pengering rambut yang rusak itu adalah buatan China dan masuk dalam kolom bertuliskan "Paradise Twinklers", sebuah produk penata rambut profesional.

OraCorp tampaknya menjual secara eksklusif produk gagal tersebut di Amazon.com, dengan rating produk sebanyak empat setengah bintang.

Selain pengering rambut, OraCorp juga menjual berbagai produk seperti pemanjang bulu mata, kaus kaki, tas untuk membawa hewan peliharaan, dan penghilang bulu elektrik.

Kini merek pengering rambut yang dibeli Erika telah dihapus di situs Amazon.com.

Lanjutkan Membaca ↓