Ular Piton di Australia Nekat Telan Sandal, Ini yang Kemudian Terjadi

Oleh Afra Augesti pada 27 Mar 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 27 Mar 2018, 13:00 WIB
Ular Piton
Perbesar
Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Liputan6.com, Queensland - Nyawa dari seekor ular piton karpet (Morelia spilota) berhasil diselamatkan oleh dokter hewan di Queensland, Australia, setelah menelan sebuah sandal milik seorang pria.

Josh Llinas dari Greencross Vets melakukan operasi selama lebih dari satu jam terhadap piton sepanjang 2 meter, mengeluarkan sandal melalui sayatan sepanjang 45 sentimeter.

"Saya memutuskan untuk membedahnya dan mengeluarkan benda itu secara manual," kata Llinas kepada The Courier-Mail, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (27/3/2018).

"Kadang, Anda dapat mengeluarkan benda asing dari dalam tubuh reptil setelah mereka merasa rileks... dengan membantu memindahkannya dari saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari mulut. Tapi untuk yang satu ini terlalu besar dan tidak akan keluar dengan cara demikian," imbuhnya.

Seekor ular piton karpet (Morelia spilota) menelan sebuah sandal milik seorang pria di Queensland, Australia. (N&S Snake Catcher)

Llinas melakukan prosedur yang disebut "coeliotomy and gastrotomy" di klinik Mount Ommaney untuk mengangkat sandal dari dalam tubuh ular, sebelum menutup dua lapisan perutnya: dinding otot dan kulit.

Sebelum melakukan prosedur pembedahan, tim bedah mengambil gambar dengan sinar X-ray untuk mengetahui letak pasti sandal di perut piton.

"Penangkap ular lokal membawa ular ini ke klinik, jadi saya tidak tahu identitas pria tersebut. Mereka tahu ular tersebut telah menelan sebuah sandal setelah mereka kehilangan salah satunya," ungkap Llinas.

"Anda bisa melihat detil dari benda asing itu melalui perut ular," imbuhnya.

Llinas mengatakan, piton karpet tersebut akan menjalani perawatan selama enam sampai delapan minggu ke depan untuk pemulihan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Kejadian Aneh Lainnya

Ular Piton
Perbesar
Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Dalam beberapa bulan terakhir, Greencross Vets mengatakan bahwa mereka memiliki beberapa benda asing yang dimuntahkan oleh ular.

"Saya punya sarung bantal yang diambil dari piton kepala hitam. Sedangkan beberapa bulan lalu, saya memiliki bola tenis yang dimuntahkan dari seekor ular," kenang Llinas.

Bagi Greencross Vets, kasus ini mungkin menjadi salah satu hal yang tak biasa selama penanganan hewan liar. Mereka bahkan pernah mendengar kejadian hewan yang menelan tali sepatu dan boneka mainan.

Lanjutkan Membaca ↓