Sukses

Kebakaran Hebat Melanda Pusat Perbelanjaan di Rusia, 37 Orang Tewas

Sebuah kebakaran hebat melanda pusat perbelanjaan di kota Kemerovo, Rusia, dan menewaskan 37 orang.

Liputan6.com, Kemerovo - Setidaknya sebanyak 37 orang dilaporkan tewas dalam kebakaran besar yang melanda sebuah pusat perbelanjaan di Kota Kemerovo, di wilayah tengah Siberia, Rusia pada Minggu, 25 Maret 2018.

Menurut pemberitaan media setempat, sebanyak puluhan orang lainnya -- termasuk anak-anak -- dikabarkan masih terjebak di reruntuhan bangunan mal. Demikian dilansir dari BBC pada Senin (26/3/2018).

Kepolisian setempat mengatakan bahwa kebakaran bermula dari sebuah ledakan di lantai teratas komplek komersial Winter Chery. Korban paling banyak tercatat berada di dalam bioskop, karena sulitnya akses keluar untuk menyelamatkan diri.

Sebuah video yang diunggah di media sosial, menunjukkan beberapa orang nekat melompat dari jendela gedung ketika api berkobar hebat saat kebakaran terjadi.

Asap mengepul dari jendela ketika petugas pemadam kebakaran bekerja untuk mengevakuasi properti.

Kemerovo, daerah penghasil batubara utama, terletak sekitar 3.600 kilometer timur ibukota Moskow.

Penyebab kobaran api belum diketahui, tetapi pihak berwenang telah melakukan penyelidikan intensif fi lokasi kejadian.

Sementara itu, Kanselir Austria, Sebastian Kurz, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman para korban kebakaran di Kemerovo itu.

 

Simak video detik-detik penumpang ketika sebuah bus terbakar berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Hebat dalam Sejarah Kota Kemerovo

Komplek pusat perbelaan Winter Cherry pertama kali dibuka pada 2013, dengan berisikan aneka restoran, pusat sauna, arena bowling, bioskop, dan sebuah kebun binatang anak-anak.

Kobaran api diyakini mulai terjadi sekitar pukul 17:00 waktu setempat, di sisi selatan gedung yang berisi area hiburan.

"Menurut informasi awal, atap runtuh di dua studio bioskop," kata Komite Investigasi Rusia dalam sebuah pernyataan resmi.

Yevgeny Dedyukhin, wakil kepala departemen darurat wilayah Kemerovo, mengatakan kebakaran terjadi di area seluas 1.500 meter persegi.

"Kami memiliki 288 personel darurat yang bekerja di lokasi, 62 unit pemadam kebakaran dan satu kelompok penyelamat di udara," tambahnya.

"Mereka semua mengambil bagian dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Kami mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memadamkan api. Pusat perbelanjaan adalah konstruksi yang sangat kompleks. Ada banyak bahan yang mudah terbakar," lanjut Dedyukhin menjelaskan.

Wakil gubernur wilayah Kemerovo, Vladimir Chernov, mengatakan 13 jenazah telah ditemukan di salah satu ruang film.

Layanan darurat berhasil mengevakuasi sekitar 100 orang dari gedung, dan menyelamatkan 20 lainnya, demikian menurut laporan kantor berita Itar-Tass.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.